Selain Enak Buat Kolak dan Manisan, Kolang Kaling Berkhasiat untuk Kesehatan

Selain Enak Buat Kolak dan Manisan, Kolang Kaling Berkhasiat untuk Kesehatan

BERKHASIAT: Kolang kaling dipercaya memiliki khasiat untuk Kesehatan, sehingga banyak diminati masyarakat.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Meski bukan bulan Ramadhan, omzet penjualan buah kolang kaling di Majalengka, terus meningkat. Hal tersebut karena adanya kepercayaan masyarakat yang mengatakan, kolang kaling memiliki khasiat untuk kesehatan.

Menurut Rosidi salah seorang pedagang kolang kaling yang biasa mangkal di ruas jalan Bantarujeg Cikijing, untuk saat ini harga kolang kaling turun sekitar Rp 10 ribu/kg, sementara saat bulan Ramadhan biasa dijual sekitar Rp 15 ribuan/kg.

“Pada saat bulan Ramadhan harganya memang sempat tinggi, tapi sekarang sudah mulai turun,” ucapnya
Sementara itu menurut Wandih pengusaha kolang kaling, asal Desa Cimeong Kecamatan Banjaran, desanya merupakan salah satu pusat produksi pembuatan buah kolang kaling. Banyak sekali warga di desa itu yang berprofesi sebagai penjual kolang kaling.

Untuk mengolah buah kolang kaling setelah diambil dari pohon Caruluk atau Aren, terbilang cukup mudah. Justru kata dia, yang susah adalah memanen dan proses pengupasan yang cukup menguras tenaga.

BACA JUGA:Berdayakan Petmil, Ridwan Kamil Apresiasi Pasar Leuweung Dishut Jabar

BACA JUGA:Mandiri Sahabatku Lahirkan Wirausaha Potensial dari Pekerja Migran Indonesia

Karena setelah buah kolang kaling dipetik dari pohon Aren kemudian dipres atau dipukul pakai alat pemukul untuk mengupas kulitnya.

Setelah terlepas kemudian buah kolang kaling direndam beberapa hari agar empuk, lalu dicuci atau diberi pewarna agar menarik.

Menurut Wandih, tingginya penjualan kolang kaling disebabkan karena buah tersebut diyakini memiliki khasiat untuk Kesehatan. Di antaranya untuk membantu gangguan osteoporosis, atau menguatkan tulang dan menghindari pengapuran.

“Banyak yang mengatakan jika kolang kaling inti memiliki khasiat untuk kesehatan, terutama untuk penguatan tulang dan janin, sehingga setiap harinya banyak yang membeli,” tambahnya. (pai)

BACA JUGA:Siti Badriah Terkena Kelenjar Getah Bening

BACA JUGA:Minat Baca Rendah, Bupati sampai Keluarkan Surat Edaran Imbauan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: