Suara PTU Airbus A320, Satisfying untuk Pecinta Aviasi, Bikin Panik Penumpang Awam

Suara PTU Airbus A320, Satisfying untuk Pecinta Aviasi, Bikin Panik Penumpang Awam

Suara PTU Pesawat Airbus A320 yang belakangan ini seringkali bikin heboh.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Suara PTU Airbus A320 belakangan ini kerap mengundang sensasi. Penumpang awam, kerap panik ketika mendengarnya. Sementara pecinta aviasi justru merasa satisfying atau terpuaskan.

Seperti yang terjadi pada Pesawat Airbus A320 yang digunakan oleh Batik Air pada penerbangan Jakarta - Medan.

Video kejadian sebelum penerbangan tersebut viral di media sosial, usai diunggah oleh salah satu penumpang yang merekam.

Mulanya, terjadi komplain dari penumpang terkait munculnya asap yang diduga dari perangkat AC.

BACA JUGA:SIMAK PENJELASAN Pesawat Batik Air Berasap dan Bunyi Seperti Anjing Mengongong, Normal Kok!

Saat awak kabin sedang memberikan penjelasan dan penumpang sedikit dapat ditenangkan, tiba-tiba muncul suara seperti gonggongan anjing yang membuat suasana jadi heboh lagi.

Munculnya suara seperti anjing melolong tersebut, dikeluhkan penumpang. "Suara apa lagi ini? Kita mau turun," sebut salah seorang penumpang yang terekam pada video tersebut.

Ternyata, suara PTU di Airbus A320 yang unik tersebut, beberapa kali kerap menimbulkan kegaduhan di kalangan penumpang.

Terutama mereka yang menggunakan Maskapai Super Air Jet, Batik Air hingga Citylink. Padahal munculnya PTU justru menjadi indikator bahwa sistem pesawat bekerja normal.

BACA JUGA:MENAKUTKAN! El Nino Bikin Jawa Barat Diprediksi Bakal Dilanda Kekeringan dan Kebakaran Hutan

PTU sendiri merupakan singkatan dari power transfer unit. Bunyi biasanya muncul setelah engine nomor 1 dinyalakan dan disusul dengan engine 2.

Karena terjadi perbedaan tekanan antara mesin 1 dan 2, sekitar 500 psi, suara ini muncul untuk men-transfer tekanan hidrolik tersebut.

Terkait suara inni, Pilot Captain Vincent Raditya memberikan penjelasan untuk masyarakat awam. Sebelum ke PTU, Captaint Vincent menjelaskan mengenai fungsi auxiliary power unit (APU) di darat yang kerap digantikan pada GTU atau GTC untuk 3 hal yakni listrik pre flight, AC ketika boarding dan engine start.

Suara yang ditimbulkan dari GTU dan GTC atau perangkat yang dipakai di darat, juga kerap membuat penumpang bertanya-tanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: