TOL CISUMDAWU Mau Dipakai Mudik Lebaran, Seperti Ini Kondisinya

TOL CISUMDAWU Mau Dipakai Mudik Lebaran, Seperti Ini Kondisinya

Kondisi Tol Cisumdawu yang akan digunakan untuk mudik lebaran 2023.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu digembar-gemborkan akan digunakan saat mudik lebaran 2023, meski sebagian masih dalam tahap konstruksi.

Bahkan, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah diproyeksikan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Terutama pada Seksi 4 sampai dengan 6 Jalan Tol Cisumdawu yang diperkirakan akan beroperasi secara fungsional saat arus mudik nanti.

Harapan digunakannya ruas tol ini, sempat tinggi karena ditargetkan selesai pada akhir Februari 2023 yang kemudian mundur menjadi akhir Maret.

BACA JUGA:Arus Mudik Lebaran, Menhub Minta Waspadai Kepadatan di 4 Gerbang Tol Ini

Namun, kian meragukan seiring konstruksi yang masih dilaksanakan di ruas Seksi 4 dan Seksi 5. Sedangkan Seksi 6 sudah selesai 100 persen.

Konstruksi di Seksi 4 diperkirakan dapat diselesaikan pada akhir Maret 2023. Tetapi di Seksi 5 ditargetkan baru rampung pada 15, April.

Target yang molor pada Seksi 5 dikarenakan adanya pembangunan jembatan baru di dekat Underpass Ungkal, Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang.

Sementara itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sejauh ini tidak memasukan Jalan Tol Cisumdawu dalam daftar ruas jalan tol fungsional untuk mudik lebaran.

Lalau seperti apa kondisi terkini Tol Cisumdawu? Secara umum di ruas Seksi 4 konstruksi yang terlihat mencolok adalah pembangunan Interchange Legok dan main road ke Gerbang Tol Paseh.

BACA JUGA:UPDATE 2 Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Jelang Target untuk Mudik

Kedua akses pendukung ini, masih dalam tahap urugan, penggalian dan pembentuan badan jalan.

Kemudian baru diselesaikan penanganan longsor di dekat Interchange Legok, yang pada beberapa pekan terakhir dilakukan konstruksi bore pile.

Bergeser ke Seksi 5A di Desa Cipamekar masih berlangsung urugan dengan volume timbunan 80 ribu meter kubik, yang dikerjakan selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: