TARIF TOL CISUMDAWU Naik saat Mudik Lebaran Nanti? Beroperasi dari Cileunyi sampai Dawuan

TARIF TOL CISUMDAWU Naik saat Mudik Lebaran Nanti? Beroperasi dari Cileunyi sampai Dawuan

Tarif Tol Cisumdawu tidak naik saat arus mudik lebaran 2023 nanti.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu diharapkan akan dapat dioperasikan penuh pada mudik lebaran 2023 nanti, lalu dari sisi tarif apakah akan naik?

Seperti diketahui Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang saat ini beroperasi baru Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi ke Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Tetapi saat arus mudik lebaran nanti, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menargetkan dapat dioperasikan dari Seksi 1 sampai dengan 6.

Atau dari Gerbang Tol Cileunyi di Kabupaten Bandung sampai Gerbang Tol Ujung Jaya Utama di Kabupaten Sumedang dan berlanjut ke Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Arus Mudik Lebaran, Menhub Minta Waspadai Kepadatan di 4 Gerbang Tol Ini

Lalu terkait dengan penetapan tarif Tol Cisumdawu apakah akan ada perubahan dan naik saat arus mudik lebaran nanti?

Seperti diketahui, penetapan Tarif Jalan Tol Cisumdawu ditentukan lewat Surat Keputusan (SK) Nomor 312/KPTS/M/2023 yang berlaku mulai 28, Februari 2023 pukul 00.00 WIB.

Sampai dengan sekarang belum ada perubahan dengan surat keputusan tersebut, sehingga dipastikan tarif yang dikenakan tetap sama.

Bahkan, bila Tol Cisumdawu beroperasi penuh pada arus mudik lebaran nanti, kemungkinan besar yang bertarif baru dari Seksi 1 sampai dengan 3.

BACA JUGA:UPDATE 2 Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Jelang Target untuk Mudik

Sedangkan untuk Seksi 4 sampai dengan 6 atau Cimalaka sampai Ujung Jaya Utama atau Dawuan, diperkirakan akan beroperasi secara fungsional atau masih gratis.

Kendati demikian, rencana pengoperasian penuh Tol Cisumdawu bergantung pada progres konstruksi di akhir Maret 2023.

Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi mengatakan, pihaknya menargetkan konstruksi sudah selesai pada April dan selanjutnya dapat beroperasi fungsional di awal Mei.

"Seksi 4 dan 6 konstruksi sudah selesai, tinggal di Seksi 5 kita kejar tayang karena ada pembangunan jembatan total sepanjang 1,9 kilometer," kata Bagus Medi pada publikasi PT BIJB yang dilansir radarmajalengka.com pada Senin, 20, Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: