TOL CISUMDAWU Beroperasi dari Cileunyi sampai Dawuan saat Mudik, Bandung ke Majalengka Bablas

TOL CISUMDAWU Beroperasi dari Cileunyi sampai Dawuan saat Mudik, Bandung ke Majalengka Bablas

Tol Cisumdawu target beroperasi dari Cileunyi sampai dengan Dawuan, Kabupaten Majalengka.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu beroperasi dari Cileunyi sampai Dawuan atau Seksi 1 sampai dengan 6.

Rencana Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan beroperasi pada saat mudik tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Tetapi saat beroperasi pada saat arus mudik nanti, Jalan Tol Cisumdawu akan berstatus operasi penuh pada Seksi 1 sampai dengan 3.

Kemudian beroperasi secara fungsional pada Seksi 4, 5 dan 6. Sehingga kemungkinan besar masih gratis pada saat mulai digunakan.

BACA JUGA:Jalur Sepeda Favorit di Majalengka, Cocok untuk yang Suka Memacu Adrenalin

Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi mengatakan, diharapkan pada awal Mei 2023 seluruh Tol Cisumdawu sudah benar-nenar diselesaikan dan beroperasi fungsional.

"April selesai konstruksi, Mei awal operasi fungsional. Kita berharap bisa langsung bertarif. Tapi pemerintah biasanya menggratiskan dulu," bebernya. 

Meski PT CKJT berharap Tol Cisumdawu beroperasi di awal Mei, tetapi Kementerian PUPR berharap agar Tol Cisumdawu dapat digunakan pada pertengahan April 2023 untuk keperluan mudik.

Mengingat kondisi ruas Jalan Cirebon - Bandung terutama setelah Cimalaka sampai dengan Kadipaten yang kurang mendukung untuk menampung limpahan lalu lintas.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Sampai Mana Sekarang? Simak Penjelasannya

Adapun kondisi Tol Cisumdawu sendiri masih dalam upaya penyelesaian di Seksi 5 yang berada di Kabupaten Sumedang.

Dari monitoring volume harian, pengecoran rigid di Seksi 5A telah mencapai 4,5 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

Progres median barrier telah mencapai 6,99 kilometer, dari rencana 13,18 kilometer. Area main road yang sudah dilakukan pengecoran LC telah mencapai 5,2 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

Bahu jalan pada sisi kanan 1,7 kilometer dan 1,7 kilometer dari rencana total 6,9 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: