JANGAN SEDIH YA! Tol Cisumdawu yang Sebenarnya Tidak Lewat Majalengka, dan Tidak Ada Dawuan

JANGAN SEDIH YA! Tol Cisumdawu yang Sebenarnya Tidak Lewat Majalengka, dan Tidak Ada Dawuan

Tol Cisumdawu yang ternyata tidak melewati wilayah Kabupaten Majalengka termasuk Kecamatan Dawuan.-Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Warga Kabupaten MAJALENGKA tidak usah sedih, meski ternyata Tol Cisumdawu tidak melewati wilayah Kabupaten MAJALENGKA dan berujung di Dawuan.

Dilihat dari peta trase main road Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, ternyata tidak melintasi wilayah kecamatan tersebut sama sekali.

Seluruh wilayah jalan tersebut ternyata berada di Kabupaten Sumedang. Termasuk titik akhir yakni Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, ada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya.

Nama Dawuan ternyata hanya 'dipinjam' untuk menamai Junction Dawuan atau simpang susun yang menghubungkan Tol Cisumdawu ke Tol Cipali.

BACA JUGA:MELIHAT Update Tol Cisumdawu di Seksi 5A, Medan Berat dan Alam yang Menantang

Menariknya, Simpang Susun Dawuan ternyata ada di wilayah Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Lalu di mana Dawuan? Rupanya wilayah Kecamatan Dawuan ada di Km 164 Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

Bahkan, lokasi Kecamatan Dawuan sesungguhnya telah melintasi Gerbang Tol Kertajati Utama di Km 158 dan Junction Dawuan ada di Km 152 Tol Cipali.

Kendati demikian, warga Kabupaten Majalengka tidak perlu kecewa ataupun sedih, karena akses Tol Cisumdawu tersebut adalah jalur penghubung Bandung ke Majalengka.

BACA JUGA:Lokasi Rest Area Tol Cisumdawu, 1 Dekat Terowongan Kebar, 1 Lagi Dekat Majalengka

Jalan Tol Sepanjang 62,50 kilometer tersebut menjadi akses utama menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Lagipula, Kabupaten Majalengka juga sudah punya 2 gerbang tol sebelum ada Tol Cisumdawu yakni GT Sumber Jaya dan GT Kertajati.

Saat ini, Tol Cisumdawu sedang dalam upaya penyelesaian agar tuntas dan dapat digunakan untuk perjalanan mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Sebelumnya, Menteri Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: