TAK SABAR Tol Cisumdawu Jadi Maret 2023, Junction Dawuan Sudah Terhubung ke Tol Cipali

TAK SABAR Tol Cisumdawu Jadi Maret 2023, Junction Dawuan Sudah Terhubung ke Tol Cipali

Junction Dawuan yang terhubung ke Tol Cipali sudah jadi dan akan terhubung ke Tol Cisumdawu pada Maret 2023.-Jabar Channel/Ist-radarmajalengka.com

MAJELENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu kini menyisakan pekerjaan di Seksi 4 dan 5, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Akses Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut, sebagian besar sudah selesai atau secara umum 75 persen.

Sedangkan sisanya yakni 25 persen mencakup pekerjaan jembatan dan infrastruktur pendukung lainnya.

Karena itu, harapan agar Tol Cisumdawu dapat digunakan pada mudik Lebaran 2023 tentu tidak berlebihan.

BACA JUGA:INDRAMAYU JADI KOTA, Bakal Punya Tol 46 Kilometer, Minta Dipercepat 2023 Jadi, Ada Sinyal Positif

Apalagi, ada beberapa target yang sudah dicanangkan terkait dengan penyelesaian jalan tol sepanjang 62 kilometer tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginginkan agar Tol Cisumdawu terhubung dari Bandung sampai dengan Majalengka pada akhir Februari 2023.

Atau, setidaknya awal Maret 2023 pekerjaan sudah tersambung 100 persen dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Target penyelesaian Tol Cisumdawu tersebut disampaikan Menteri PUPR saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Dua Tahun BSI, Laba Tumbuh Impresif 40,68 Persen Capai Rp4,26 Triliun

Berikutnya, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai pemegang konsesi Seksi 3 sampai dengan 6 menargetkan dalam proyeksi mereka bahwa Maret 2023 sudah tersambung 100 persen.

Sindikasi pengusahaan jalan tol yang dipimpin Jusuf Hamka sebagai direktur tersebut, saat ini sedang dalam penyelesaian di Seksi 4 dan 5.

Tetapi fokus pengerjaan masih dalam tahap main road dan jembatan, belum ke infrastruktur pendukung seperti rest area dan lainnya.

Di sisi lain, Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan, Kabupaten Majalengka juga sudah jadi. Bahkan, Junction Dawuan terhubung ke Tol Cikopo Palimanan (Cipali) di Kilometer 152 baik dari arah Jakarta maupun Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: