Pelaku Perusak Makam Keramat Dalem Lumaju Ditangkap, Diselesaikan Kekeluargaan

Pelaku Perusak Makam Keramat Dalem Lumaju Ditangkap, Diselesaikan Kekeluargaan

Makam Mbah Dalem Lumaju Agung Maja yang dirusak oleh orang tak bertanggung jawab.-Dokumen-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pelaku perusakan makam keramat Situs Dalem Lumaju di Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka berhasil berhasil ditangkap.

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi mengungkapkan, penangkapan pelaku tersebut kemarin, Rabu 18 Januari 2023.

Namun, kasus ini tidak dilanjutkan ke proses hukum, lantaran telah terjalinnya kesepakatan yang diselesaikan secara kekeluargaan.

"Pelaku sudah kami tangkap. Namun hasil kesepakatan bersama, tidak diproses karena sudah diselesaikan secara kekeluargaan," ujar Edwin saat dikonfirmasi radarmajalengka.com.

BACA JUGA:Memperhatinkan, Kondisi Jalan Ranji Wetan Sukaraja Penuh Ranjau

Hasil polisi penyeledikan bahwa yang bersangkutan sengaja merusak situs tersebut karena mendapatkan bisikan dari makhluk halus pada saat berziarah.

Pegiat sejarah Majalengka Ketua Grup Majalengka Baheula, Nana Rohmana menjadi salah satu saksi bahwa pelaku perusakan sudah meminta maaf.

Selain Nana, permintaan maaf pelaku juga diketahui oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

"Kemarin Rabu 18 Januari sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Saya langsung mengawasi penyelesaian tersebut bersama Disparbud dan TACB," ucap pria yang akrab disapa Naro.

BACA JUGA:Makin Rawan, Jalan Rusak, Penerangan Minim di Jalur Rajagaluh-Lengkong Sudah Tiga Kali Aksi Pembegalan

Sementara, terkait perbaikan pemakaman keramat yang diketahui milik sosok Mbah Dalem Lumaju Agung, sudah dilakukan. Perbaikan juga diawasi oleh tim ahli.

"Sudah diperbaiki bersama tukang diawasi tim ahli seperti TACB dan saya langsung mengawasi," katanya.
Menurut Naro, alasan dirinya mengawasi perbaikan terhadap situs tersebut karena harus sesuai dengan bentuk semula.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus perusakan makam keramat terjadi pada Minggu 15 Januari 2023. Seorang penunggu makam bernama Agus Basari mengetahui pertama kali peristiwa tersebut.

Agus Basari mengatakan, peristiwa itu terjadi saat dirinya hendak membersihkan makam tersebut. Saat itu, ia yang hendak mengambil alat kebersihan kaget melihat pintu makam sudah dalam keadaan terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: