Dari Majalengka, Mau Nonton Persib atau ke Masjid Al-Jabbar, Tak Sampai Satu Jam

Dari Majalengka, Mau Nonton Persib atau ke Masjid Al-Jabbar, Tak Sampai Satu Jam

Pengajian Majelis Taklim Pakuan Juara (Insan Kamil), Masjid Al Jabbar, Gedebage Kota Bandung Ahad 15 Januari 2023 (yogi Prayoga Dokpim Jabar)--

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM- Ini kabar gembira bagi masyarakat Majalengka. Jika ingin menonton Persib bermain atau berkunjung ke Masjid Al-Jabar, tidak butuh waktu terlalu lama. Kurang dari satu jam sudah sampai ke Gedebage, Bandung.

Kabar gembira ini tentu terkait dengan dioperasikan secara total Tol Cisundawu. Rencananya akhir Februari 2023 ini tol tersebut akan dibuka. Terkoneksi dengan tol Cipali. Untuk saat ini Tol Cisundawu baru sampai exit Cimalaka Sumedang.

Jika sudah dibuka total, Cisundawu akan terhubung langsung dengan tol Cipali. Bagi masyarakat Majalengka, penggemar Persib bandung, tak butuh waktu lama untuk menonton tim kesayangan Urang Jabar ini bermain. Tak lebih dari satu jam sudah sampai Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung.  Apalagi nanti akan ada exit tol di dekat stadion tersebut.

Bukan hanya menonton Persib, warga Majalengka pun bisa melihat kemegahan Masjid Al-Jabbar, Bandung. Karena lokasi GBLA dan Masjid Al-Jabbar tersebut berdekatan. Hanya “selemparan batu”. Sama-sama di Kecamatan Gedebage, Bandung.

BACA JUGA:Pilih Ratu, Erick, NYALA! Inilah 3 Sosok Calon Ketum PSSI, Ada Orang MAJALENGKA

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Februari Jadi, Majalengka ke Bandung Cuma 1 Jam Saja

Ada dua pintu tol di Majalengka yang bisa digunakan untuk menuju Tol Cisundawu. Yang agak jauh sedikit pintu tol Jatiwangi/Prapatan. Ini untuk warga Jatiwangi, Prapatan, Leuwimunding, Rajagaluh dan sekitarnya.

Satu pintu tol lagi di Kertajati, yang lebih dekat menuju ke tol Cisundawu. Exit tol Kertajati ini bisa untuk warga Kadipaten, Kertajati, Majalengka Kota dan sekitarnya.

Dari dua pintu masuk tol di Majalengka tersebut nanti akan keluar di KM 152 Cipali. Dari exit Cipali tersebut langsung terhubung dengan tol Cisundawu.

Setelah masuk tol Cisundawu langsung terus melaju, kurang dari 40 menit sudah masuk Bandung. Untuk sementara exit tol menuju Gedebage masih di Cileunyi. Namun nanti akan ada exit tol di dekat Gedebage. Tak jauh dari exit tetsebut sudah langsung ke GBLA dan Masjid Al-Jabbar.

BACA JUGA:GAWAT! Konsorsium Tol Getaci Bubar, Gagal Dapat DANA

BACA JUGA:KECEWA! Skor Manchester United vs Crystal Palace 1-1, MU Buang Kesempatan

Soal exit tol Gedebage tersebut pernah disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam berbagai kesempatan. Termasuk ketika meresmikan Masjid Al Jabbar, akhir Desember lalu.

“Nanti akan ada exit tol di dekat Gedebage ini. Sehingga untuk ke Masjid Al Jabbar dan GOR Gelora Bandung Lautan Api, sangat dekat dengan exit tol. Tak perlu bersusah payah melalu jalan sempit seperti sekarang ini,” ungkap Kang Emil sapaan akrabnya, ketika memberikan sambutan.

Saal pengoperasian total Tol Cisundawu tersebut, disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono terkait progres terbaru Tol Cisumdawu.

Dikatakan Menteri Basuki, pihaknya mengupayakan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara keseluruhan pada akhir Februari tahun ini.
"Mudah-mudahan Cisumdawu ini secara total bisa kita operasikan pada akhir Februari tahun ini," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa, 17, Januari 2023.

BACA JUGA:Menghabiskan Rp 5,5 Triliun, Tol Cisumdawu Sebentar Lagi Tersambung Majalengka ke Bandung

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Februari, Bisa Dipakai Mudik

Menurut Basuki akan mengupayakan pada akhir Februari Jalan Tol Cisumdawu bisa dioperasikan secara tuntas, sehingga masyarakat tidak perlu lagi keluar di Seksi III Cimalaka.

Dengan akses yang tembus langsung ke Majalengka melalui exit Tol Cipali Km 152, masyarakat akan semakin dimudahkan terutama perjalanan dari Bandara Kertajati ke Bandung dan sebaliknya.
Masyarakat yang beberapa bulan ini mengeluhkan terjebak kemacetan dan kepadatan lalu lintas di Cimalaka, nantinya tidak akan menemui lagi hal demikian seiring tol yang sudah tersambung seluruhnya.

Kementerian PUPR mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat.

Penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.
Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022 dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km progres fisik sudah 94,7 persen tinggal menyelesaikan pekerjaan lereng dan lanskap. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: