Dua Rumah Tertimpa Longsor, Lokasi di Desa Margajaya, Warga Terpaksa Mengungsi

Dua Rumah Tertimpa Longsor, Lokasi di Desa Margajaya,  Warga Terpaksa Mengungsi

MEMBAHAYAKAN: Dua unit rumah warga di Blok Mananti, RT 08 RW 08, Desa Margajaya, Kecamatan Lemahsugih tertimpa material longsor.--

Radarmajalengka.id, MAJALENGKA - Dua rumah warga di Blok Mananti, RT 08 RW 08, Desa Margajaya, Kecamatan Lemahsugih Majalengka rusak akibat tertimpa material longsor dari tebing setinggi sekitar 10 meter, Senin (3/10) malam. Akibatnya penghuni rumah harus mengungsi ke rumah kerabat karena khawatir terjadi longsor susulan.

Informasi yang dihimpun, peristiwa tanah longsor tersebut menimpa rumah milik Wastiah (70). Tebing setinggi 10 meter yang ada di belakang rumah longsor setelah terjadi hujan deras selama lebih dari 5 jam pada Senin (3/10).

"Kejadian longsor terjadi pada pukul 20.00 WIB, tebing kurang lebih 10 meter ada lah. Assessment dari kami dan BPBD baru dilaksanakan pagi tadi," ujar Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kecamatan Lemahsugih, Oo Darsono, Selasa (4/10).

Akibat bencana longsor tersebut, tembok rumah bagian belakang Wastiah jebol. Selain itu, sebagian atap rumah juga rusak tertimpa material yang meninggi akibat terbawa longsor.

BACA JUGA:Kompetisi Futsal Meriahkan Hari Santri

"Kemarin memang hujan terus terjadi dari siang hari. Jadi kemungkinan, curah hujan yang tinggi membuat air masuk ke sela-sela tanah yang memang di atas rumah ini terdapat sawah, membuat tanah labil. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ucapnya.

Oo menjelaskan, untuk membersihkan material longsor, sejumlah warga Blok Mananti bergotong-royong di rumah Wastiah sejak Selasa pagi. Dengan menggunakan alat seadanya, sedikit demi sedikit material longsor berhasil dibersihkan.

"Khususnya, memotong pepohonan yang ikut terbawa longsor di atas rumah ini," tuturnya.

Sementara itu, terkait kejadian longsor ini, Wastiah untuk sementara waktu mengungsi ke rumah kerabatnya yang lebih aman. Sebab, khawatir terjadi longsor susulan. "Iya mereka diminta ngungsi dulu ke saudara, kebetulan rumahnya masih satu blok," katanya.

BACA JUGA:Tanpa Sponsor, Bisa Gelar Event

Oo mengungkapkan, Desa Margajaya menjadi salah satu daerah yang rawan peristiwa tanah longsor jika curah hujan tinggi. Ia pun mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati dan mencari tempat yang lebih aman jika bencana telah mengintai.
"Kami minta warga meningkatkan kewaspadaan, apalagi curah hujan sudah mulai tinggi. Apalagi perkampungan warga banyak yang berada di dekat tebing dan jurang," pesannya.

BACA JUGA:Olah Batang Pisang Jadi Keripik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: