Kota dan Kabupaten Penghasil Janda Terbanyak, Majalengka Nomor 6

Kota dan Kabupaten Penghasil Janda Terbanyak, Majalengka Nomor 6

Kota penghasil janda terbanyak.-Ilustrasi/Ist-radarmajalengka.com

Kabupaten Sukabumi

Data di Pengadilan Agama Sukabumi mencatat sepanjang Januari hingga Desember 2021 terdapat 734 pasangan suami istri bercerai.

Dari total kasus, perceraian didominasi usia 30 hingga 40 tahun dengan pernikahan yang seumur jagung.

Adapun jumlah total pengaduan, 149 cerai talak dan 585 cerai gugat.

Garut

Pada 2021, angka perceraian di Garut meningkat 5 persen dengan keseluruhan tercatat 5.700 kasus perceraian yang diterima Pengadilan Agama Garut.

Penyebab tingginya angka perceraian di Garut adalah faktor ekonomi.

Bandung

Berdasarkan data Dukcapil (Penduduk dan Catatan Sipil) Bandung, terdapat sekitar 4.316 pasangan suami istri yang bercerai dalam beberapa bulan terakhir.

Pandemi Covid-19 menjadi penyebab utama. Pasalnya, banyak masyarakat kehilangan lapangan pekerjaan dan memperburuk kondisi ekonomi banyak rumah tangga.

Majalengka

Sekitar 3.000 pasangan suami istri telah resmi berpisah di Majalengka. Faktor utama perceraian adalah ekonomi, yang membuat mayoritas pasangan memilih untuk mengakhiri pernikahan mereka.

Demikian 6 kota penghasil janda terbanyak di Jawa Barat yang diketahui mayoritas dilatarbelakangi masalah ekonomi. Bahkan kebanyakan perceraian terjadi pada pasangan muda.

Artikel ini telah terbit di radarcirebon.com dengan judul: Kota Penghasil Janda Terbanyak di Jawa Barat, Ada Indramayu, Disusul Kabupaten Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: