Fosil Rusa Purba di Majalengka, Ditemukan di Baribis, Disimpan di Gedung Juang

Fosil Rusa Purba di Majalengka, Ditemukan di Baribis, Disimpan di Gedung Juang

Fosil rusa purba yang ditemukan di wilayah perbukitan Baribis, Kabupaten Majalengka. -Ist-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com, MAJALENGKA - Di wilayah Baribis Kecamatan Cigasong, ditemukan bebatuan yang diduga kuat merupakan fosil Rusa purba.

Fosil rusa purba di Majalengka ini, ditemukan oleh warga dan kondisinya kini telah disimpan di museum Gedung Juang untuk penelitian lebih lanjut.

Penyimpanan fosil rusa purba di Majalengka ini, menarik perhatian pegiat sejarah dan Ketua Grup Madjalengka Baheula (Grumala) Nana Rohmana.

Pihaknya telah menemui dan meminta izin agar fosil Rusa purba tersebut disimpan bersama fosil lainnya di Gedung Juang Majalengka.

BACA JUGA:Tips Merawat Komponen CVT Matik, Pengguna Motor Matik Wajib Tahu

"Kami mendapatkannya dari seorang warga di antara Batujaya dan Baribis. Ditemukan di sebuah kebun di sana," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Mang Naro ini menambahkan, selama ini Grumala konsen mengumpulkan benda-benda peninggalan zaman dulu yang disimpan di ruang Gedung Juang.

"Ditemukannya bulan lalu, fosil Rusa purba itu terdiri dari tulang punggung, belikat dan tanduk.Diperkirakan, hewan Rusa purba, dahulunya pernah hidup di Baribis ribuan tahun lalu," ungkapnya.

Naro menambahkan, kondisi ketiga fosil itu sudah dalam keadaan membatu. Dengan ditemukannya fosil binatang Rusa purba, maka tidak menutup kemungkinan, bahwa di sekitar Baribis dulu, pernah ada manusia purba.

BACA JUGA:Masih Berlangsung, Buruan Ikut Yamaha Day Photo Competition Dan Bagi Momen Bahagia Kamu !

"Penemuan fosil-fosil purba di Majalengka, bukan kali ini saja terjadi. Dulu, sempat pula ditemukan, keong laut, gading Gajah dan masih banyak lagi," ungkap Ketua Grumala Majalengka. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: