Ustadz Adi Hidayat Bahas Pattimura, Sebelumnya Sebut Prabu Siliwangi Beragama Islam

Ustadz Adi Hidayat Bahas Pattimura, Sebelumnya Sebut Prabu Siliwangi Beragama Islam

Ustadz Adi Hidayat membahas mengenai Kapitan Pattimura.-Ist/Kolase-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com, BEKASI - Ustadz Adi Hidayat yang menyebut Kapitan Pattimura bernama Ahmad Lussy, viral di media sosial. Padahal ini, merupakan potongan ceramah lama.

Dalam ceramah itu, Ustadz Adi Hidayat menyebut bahwa nama asli Kapitan Pattimura bukan Thomas Matulesi seperti yang selama ini disebutkan dalam beberapa versi sejarah.

Nama asli Kapitan Pattimura tersebut, kata Ustadz Adi Hidayat adalah Ahmad Lussy. Dan hal tersebut sudah semestinya menjadi sumber pelurusan sejarah.

Tidak hanya viral terkait ulasan sejarah dari Ustadz Adi Hidayat mengenai Kapitan Pattimura, sebelumnya UAH juga menyebut bahwa Prabu Siliwangi beragama Islam setelah menikah dengan Subang Larang.

BACA JUGA:Izin ACT di Cabut, Aturan Ini yang Dilanggar

Pernikahan Prabu Siliwangi dan Subang Larang terjadi setelah pertemuan dengan Subang Larang yang merupakan santri dari Syekh Quro.

Tentunya, Subang Larang beragama Islam. Dan Syekh Quro mensyaratkan Prabu Siliwangi untuk menikahi Subang Larang juga harus beragama Islam.

Prabu Siliwangi kemudian bersedia dan benar-benar beragama Islam. Hal itu dibuktikan dengan keturunannya yang beragama Islam seperti Walangsungsang, Rara Santang dan Sangara.

Kisah ini, sempat viral juga di media sosial. Kendati menghadirkan pertentangan, terutama dari kalangan sejarahwan yang menyebut bahwa Prabu Siliwangi tetap beragama Hindu sampai meninggal dunia.

BACA JUGA:Puan Maharani Tanam Bawang di Brebes, Dengarkan Aspirasi

Baru-baru ini, Ustadz Adi Hidayat viral setelah menyebut nama asli dari Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy. Bukan Thomas Matulesi.

UAH mendesak, sejarah mengenai nama asli dari Kapitan Pattimura Ahmad Lussy harus diluruskan. Dia mengungkap dasarnya.

Seperti diketahui, Kapitan Pattimura adalah di uang kertas Rp1.000. Publik selama ini mengenal dengan nama Thomas Matulessy.

“Kapitan Pattimura siapa nama aslinya? Thomas Matulessy. Tuh bayangkan,” kata UAH, dalam keterangan di video tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: