Yamaha 2022-09

Mati Suri Menurut Islam, Buya Yahya Memberikan Penjelasan Begini

Mati Suri Menurut Islam, Buya Yahya Memberikan Penjelasan Begini

Buya Yahya jelaskan syara bagi orang yang ingin semebelih hewan kurban-Ist-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com, CIREBON - Mati suri menurut Islam, bagaimana penjelasannya? Ulama Buya Yahya menyatakan bahwa, tidak ada seseorang yang dicabut nyawanya dua kali.

Dalam penjelasannya Buya Yahya menegaskan bahwa mati suri menurut Islam, berarti seseorang tersebut memang belum meninggal dunia.

Karenanya, konsep mati suri, besar kemungkinan adalah seseorang yang tampak sudah meninggal dunia tetapi sebenarnya belum. Hanya organ-organnya yang berhenti bekerja.

"Rumusnya sederhana, malaikat pencabut nyawa tidak akan salah di saat mencabut nyawa," tandas Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah tersebut, seperti dikutip radarcirebon.com, Jumat (17/6/2022).

BACA JUGA:240 Siswa MTs dan MA Darul Ulum PUI Diwisuda

Dijelaskan Buya Yahya, kalau ada orang yang kelihatannya meninggal dunia, tetapi sebenarnya belum. Berarti memang nyawanya belum dicabut. Hanya mungkin organ-organnya yang terhenti.

Misalnya, ada orang koma sampai dengan empat tahun. Hal tersebut, bisa saja terjadi dan memang ada kejadian seperti ini.

"Bila dikatakan bertemu dengan orang yang sedang meninggal saat mati suri, hal tersebut bisa saja berupa mimpi. Sebab, orang yang sehat pun juga bisa bermimpi," tegasnya.

Buya Yahya kembali menegaskan bahwa malaikata maut tidak mungkin salah dalam mencabut nyawa seseorang yang memang sudah ditakdirkan meninggal dunia.

BACA JUGA:240 Siswa MTs dan MA Darul Ulum PUI Diwisuda

"Malaikat tidak akan salah dalam mencabut nyawa Hamba Allah," tandasnya.

Kemudian, tidak ada orang yang dicabut nyawanya dua kali. Karena hanya satu kali saja terjadi.

"Bahwa ada perkara orang yang mati kemudian hidup lagi, hal itu dikarenakan faktor organ yang berhenti. Tetapi sesungguhnya belum mati. Selesai," tandasnya.

Dalam kasus demikian, kata Buya Yahya, sebenarnya nyawanya masih ada dan belum dicabut oleh malaikat maut.

Sumber: al bahjah tv