Mahasiswa KKN-T Unma Kolaborasi Bareng IPB Gandeng Dinas K2UKM Adakan Kegiatan UMKM Naik Kelas

Mahasiswa KKN-T Unma Kolaborasi Bareng IPB Gandeng Dinas K2UKM Adakan Kegiatan UMKM Naik Kelas

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) berkolaborasi dengan IPB University mengadakan kegiatan sosialisasi UMKM naik kelas di GOR desa Tejamulya kecamatan Argapura--

 

Bahkan, kata dia, banyak pelaku UKM belum memiliki izin legalitas usaha. Padahal usaha merupakan komponen yang krusial dalam menjalankan usaha atau bisnis yang sah dan kredibel. 

 

Sayangnya, para pelaku UMKM di Desa Tejamulya yang sudah memiliki izin usaha, dapat dihitung dengan jari. Dengan adanya izin legalitas usaha, produk-produk tersebut dapat dipasarkan dengan jangkauan yang lebih luas. Hal inilah yang menjadi kendala utama dalam pemasaran produk-produk UMKM.

 

"Oleh Karenanya, kami melihat adanya peluang dan kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di Desa Tejamulya, kelompok mahasiswa KKN-T kolaborasi dari IPB University dan Unma menggelar kegiatan sosialisasi UMKM naik kelas yang berkolaborasi dengan Dinas K2UKM Kabupaten Majalengka kepada para pelaku UMKM Desa Tejamulya dan sekitarnya," tukasnya.

 

Camat Argapura, Bani Fadilah Ranandar SSTP MAP mengatakan kegiatan ini sangat baik untuk menunjang peningkatan kualitas UMKM di Desa Tejamulya dan berharap dapat memperluas pemasaran serta meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM di desa tersebut.

 

"Peranan UMKM di Indonesia tentu sangat penting terkait legalitas usaha. Kemudian macam-macam legalitas usaha dan dasar hukumnya, proses mendapatkan izin usaha, dan program-program yang dilakukan oleh Dinas KUKM," kata camat.

 

Sementara itu, Kepala Bidang UKM, Moch Ahmad Syamsu SE menjelaskan pihaknya juga membuka program-program tersebut meliputi pelatihan kewirausahaan dan manajemen, pemberian akses ke pembiayaan melalui pinjaman modal, pameran dan bazar UMKM, akses ke platform digital dan e-commerce, serta program pendampingan dan konsultasi.

 

Program pendampingan ini dilakukan secara berkala dan dapat diikuti oleh seluruh pelaku UMKM yang ingin dibimbing dari awal hingga berhasil. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: