BKPSDM Majalengka Mencatat Ratusan ASN Masuki Pensiun

BKPSDM  Majalengka Mencatat Ratusan ASN Masuki Pensiun

PENSIUN: Setiap bulan sekitar 60 hingga 70 ASN di lingkungan Pemkab Majalengka pensiun, dengan mayoritas berasal dari Dinas Pendidikan.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA,RADARMAJALENGKA.COM  - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Majalengka mencatat bahwa ratusan PNS di lingkungan Pemkab Majalengka telah pensiun sejak Januari hingga Juni 2024.

Plt Kepala BKPSDM, H Gatot Sulaeman, mengatakan bahwa setiap bulan sekitar 60 hingga 70 ASN di lingkungan Pemkab Majalengka pensiun, dengan mayoritas berasal dari Dinas Pendidikan.

Dia mengakui bahwa hal ini menyebabkan kekosongan jabatan yang perlu diisi, namun pengisian jabatan tersebut memerlukan hasil analisis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

Saat ini, jumlah total ASN dan PPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka per Mei 2024 adalah 11.725 orang, terdiri dari 8.502 ASN dan 3.223 PPPK.

BACA JUGA:Puluhan Pemuda Di Kabupaten Majalengka, Gabung Jaringan Gondrong

"Hingga saat ini, terdapat empat posisi jabatan eselon 2 atau setingkat kepala dinas yang kosong dan dijabat oleh Plt, yaitu Kalak BPBD, Kadis Lingkungan Hidup, Asisten Administrasi Setda, Kepala BKPSDM, serta dua jabatan Camat, dan beberapa jabatan Administrator dan Pengawas," tutur Gatot pada hari Senin (1/7).

Kadis Kominfo menjelaskan bahwa banyaknya pegawai yang pensiun hingga Juni 2024 telah mengakibatkan penurunan jumlah pegawai di beberapa perangkat daerah.

Sementara itu, rekrutmen PNS dan PPPK masih terbatas, terutama untuk tenaga pendidik dan kesehatan, sedangkan tenaga administrasi relatif sedikit.

Terkait kekosongan sejumlah Kepala OPD akibat pensiun, Gatot menegaskan bahwa sudah dilakukan pengangkatan Plt sebelum penggantian definitif.

BACA JUGA:Nadwah Jamiyyah PC Persistri Dimulai

Sebagai contoh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang ditinggalkan oleh Ir Hj Nadisha Hanna, yang telah pensiun, kini dijabat oleh Plt Drs Agus Permana, yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Majalengka. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: