Pesona Gunung Ciremai. Julukan, Letak Geografis Serta Keberagaman Flora dan Fauna.

Pesona Gunung Ciremai. Julukan, Letak Geografis Serta Keberagaman Flora dan Fauna.

Pesona Gunung Ciremai Jawa Barat-Wikipedia - Tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM- Salah satu gunung yang banyak didatangi oleh para pendaki adalah gunung Ciremai. Gunung Ciremai merupakan gunung yang terletak di kabupaten Kuningan dan Majalengka. Gunung Ciremai sendiri merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini mempunyai ketinggian 3078 MDPL atau meter di atas permukaan laut. Gunung Ciremai berdiri anggun dan gagah dekat pantai bagian Utara Jawa Barat. Gunung ini dengan ketinggiannya seakan menjadi titik sentral wilayah kuningan, Majalengka dan juga Cirebon.

Namun tahu kah kamu kalau gunung Ciremai itu memiliki berbagai pesona baik dari keindahan alamnya, keberagaman flora dan fauna serta letak strategis lokasi gunungnya sendiri. 

BACA JUGA:Ingin Memulai Karir Di Dunia Content Writer? Simak Ulasan Berikut Ini!

1. Merupakan gunung Soliter atau berdiri sendiri.

Gunung Ciremai merupakan gunung Soliter atau berdiri sendiri. Gunung ini berstatus sebagai Taman Nasional Gunung Ciremai atau (TNGC) sejak tahun 2004. Gunung Ciremai berdiri gagah seorang diri dengan cakupan sentral Kuningan, Majalengka dan Cirebon. Meskipun Cirebon masuk ke cakupan sentral gunung Ciremai namun secara letak geografis Gunung Ciremai terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Kuningan dan Majalengka. Gunung Soliter ini demikian berdiri gagah hingga dapat dipandang dengan jelas antara cakupan Kuningan, Majalengka dan Cirebon.

2. Atap tertinggi Jawa Barat

Dengan ketinggian mencapai 3078 MDPL atau meter diatas permukaan laut. Gunung Ciremai menyandang gelar gunung tertinggi atau atapnya Jawa Barat. Banyak pendaki yang datang ke gunung ini dengan kebanyakan tujuan yang sama yaitu menaklukan atapnya Jawa Barat.

BACA JUGA:Manfaat Wedang Jahe: Minuman Hangat yang Penuh Kebaikan

3. Pengisi celah konservasi pulau Jawa

Keberadaannya yang berdiri sendiri di ujung Jawa Barat berbatasan dengan Jawa tengah Menjadikan gunung Ciremai sebagai pengisi celah konservasi alam dipulau Jawa.

4. Keberagaman Flora dan Fauna

Gunung Ciremai menjadi tempat tinggal dari beragam flora dan fauna mulai dari yang umum kita ketahui maupun yang jarang kita ketahui atau terhitung langka. Jika kamu mendaki gunung Ciremai dan sedang beruntung kamu akan menemukan banyak elang Jawa dan lainnya.

Melansir dari Kuningankab.go.id berikut adalah data flora dan fauna yang ada di gunung Ciremai 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: