Pentingnya Indonesia Menjadi Tuan Rumah World Water Forum: Membawa Misi Khusus Hingga Bagi Sektor Pariwisata

Pentingnya Indonesia Menjadi Tuan Rumah World Water Forum: Membawa Misi Khusus Hingga Bagi Sektor Pariwisata

WWF Ke 10 di Bali, Indonesia -static.gatra.com- radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COMIndonesia menjadi tuan rumah event air terbesar dunia yaitu World Water Forum yang ke 10. Menjadi tuan rumah pastinya akan sangat penting di event besar ini.

Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah World Water Forum ke 10, tepatnya di Bali. Forum ini diadakan mulai dari tanggal 18 – 25 Mei 2024. Dengan menjadikan Indonesia tuan rumah World Water Forum, maka Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah forum air dunia.

Event ini diadakan oleh World Water Council (WWC) atau Dewan Air Dunia. World Water Forum menjadi pertemuan internasional terbesar yang membahas tentang isu-isu air secara global. Khususnya membahas sekaligus merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia.

Misi Khusus yang Dibawa Indonesia

Diselenggarankannya forum air dunia di Bali, Indonesia memiliki tiga misi khusus untuk disepakati forum ini. Dilansir dari web Kemenparekraf, misi khusus tersebut yaitu:

  1. Center of Excellence on Water and Climate Resilience
  2. Pengelolaan air terpadu di pulau-pulau kecil
  3. World Lake Days atau Hari Danau Sedunia

Latarbelakang diusulkannya World Lake Days atau Hari Danau Sedunia adalah karena danau menjadi salah satu sumber bahan baku, energi, hingga pengendali banjir. Jadi dengan adanya hari danau diharapkan sumber air danau dapat lebih diperhatikan dan dapat terurus dengan baik.

Pentingnya World Water Forum yang Diadakan Di Bali

Dengan menjadi tuan rumah World Water Forum 2024 diharapkan nantinya Indonesia akan ada inovasi yang lebih banyak lagi. Khususnya dalam teknologi pengelolaan air berkelanjutan. 

Lebih diperdalam lagi, dipilihnya Bali sebagai tuan rumah WWF menjadikan Bali memiliki peran penting bagi sektor pariwisata Indonesia.

Tujuan World Water Forum 2024 di Indonesia adalah menjadi tonggak percepatan target Sustainable Development Goals (SGDs), yaitu akses air bersih dan sanitasi layak. Dengan begitu, besar harapan event internasional ini dapat mendorong pelaku kepentingan untuk saling berkolaborasi dalam mencari solusi atas permasalahan air dunia. 

Keuntungan World Water Forum di Indonesia

Indonesia memiliki keuntungannya tersendiri saat menjadi tuan rumah World Water Forum, dengan referensi dari radarsitubondo.jawapos.com, keuntungan yang bisa dirasakan oleh Indonesia yaitu:

  • Peningkatan branding Indonesia di mata internasional
  • Adanya peluang bagi Indonesia menyerukan suara masalah pengelolaan air
  • Terbukanya peluang kerjasama pengelolaan sumber daya air dengan negara-negara maju.
  • Sebagai ajang pengenalan seni, budaya, dan kearifan lokal terhadap dunia internasional
  • Ribuan peserta yang hadir akan berdampak positif dalam bidang ekonomi 

Demikianlah pentingnya menjadi tuan rumah World Water Forum bagi Indonesia, diharapkan Indonesia bisa menjadi negara dengan pengelolaan sumber air yang baik dan semoga permasalahan air yang ada di seluruh penjuru dunia dapat terselesaikan serta bisa dikelola sebaik mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: