Starlink Masuk RI Terancam Dibobol Hacker?Menurut Ahli Tidak Ada Yang 100% Aman

Starlink Masuk RI Terancam Dibobol Hacker?Menurut Ahli Tidak Ada Yang 100% Aman

Starlink -Radarmajalengka.com-Infokomputer Grid.id - tangkapan layar

RADARMAJALENGKA.COM - Starlink diketahui telah resmi masuk Indonesia. Namun apakah layanan berbasis satelit itu aman dari hacker?

Ditanya terkait hal tersebut, Territory Manager Kaspersky Indonesia, Dony Koesmandarin menjelaskan tidak ada yang menjamin satu pihak bisa aman dari serangan. Pasti akan ada celah, tinggal menunggu waktu dan caranya.

BACA JUGA:Wow! Starlink Banting Harga, Operator Minta Pemerintah Atur Struktur Tarif Starlink

"Pasti ada celah, tinggal bicara kapan, bagaimana caranya. Makanya saya juga bilang, kalau di Kapersky confirm sama juga, tidak ada yang betul-betul 100% aman," jelasnya ditemui dalam Kaspersky NEXT Launch & Enterprise threat of Indonesia, di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Dony memastikan tidak ada satupun layanan yang 100% yang aman. Namun yang bisa dilakukan adalah cara untuk mendekati aman.

"Tapi paling tidak mendekati di keamanan mungkin ada, bagaimana yang belum menjamin 100% aman. kalau ada 100% aman, itu bisa curiga jangan situ yang bikin nih. Karena sebelum memulai saya udah tahu," ungkap Dony.

BACA JUGA:Kini Starlink Hadir Di Indonesia! Ini Permintaan Pemerintah ke Elon Musk

Serangan Hacker ke Starlink

Tahun 2022 lalu, serangan berhasil menjebol Starlink dengan perangkat senilai US$25. Serangan tersebut dilakukan oleh peneliti bernama Lennert Wouters dan mempresentasikan temuannya pada konferensi keamanan Black Hat di tahun yang sama.

Wouters juga telah memberitahu SpaceX soal kerentanan tersebut. SpaceX, perusahaan yang memproduksi Starlink, memastikan pengguna tidak perlu khawatir dengan kejadian tersebut.

BACA JUGA:Manfaat Internet Starlink di Indonesia, Apakah Benar Hanya Menguntungkan Elon Musk?

SpaceX mengklaim menggunakan sejumlah lapisan pertahanan. Namun perusahaan memang tak menutup mata akan ada serangan lain nantinya.

Sejak beberapa waktu lalu, Starlink diketahui telah tersedia di Indonesia. Elon Musk, pemiliknya, juga langsung datang ke tanah air untuk meresmikan layanan tersebut.

BACA JUGA:Berikut Daftar Negara dengan Internet Tercepat, Cek selengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com