Cara Kerja Starlink? Ini Dia Kekurangan dan Kelebihan Pada Starlink

Cara Kerja Starlink? Ini Dia Kekurangan dan Kelebihan Pada Starlink

Starlink Elon musk-Radarmajalengka.com-Okezone Techno

Karena jaringan Starlink menggunakan satelit, distribusi jaringannya tidak membutuhkan infrastruktur sehingga penyebarannya lebih mudah. Berbeda dengan layanan internet konvensional yang harus mempertimbangkan banyak hal termasuk ketersediaan tiang pancang dan kabel fiber optic.

  • Tanah Bencana

Jaringan internet Starlink diklaim tetap aktif meski terdapat bencana alam sekalipun. Hal itu terjadi karena satelit yang mengorbit di angkasa tidak terpengaruh sehingga kinerjanya tetap stabil. Artinya, saat bencana terjadi, jaringan komunikasi tetap tersedia.

  • Kecepatan Tinggi

Dikutip dari situs Clubwifi, kecepatan internet Starlink lebih cepat dibanding kecepatan internet tradisional. Kecepatan Starlink bisa mencapai 300 Mbps, sedangkan kecepatan internet tradisional hanya menawarkan mencapai 100 Mbps kepada pengguna.

BACA JUGA:Ini Resep Lezat Ayam Pop Khas Padang Dan Cara Memasaknya

Sedangkan dari sisi kekurangannya, internet Starlink menawarkan harga langganan yang bagi sebagian masyarakat dinilai mahal. Harga yang harus dibayar kurang lebih 99 dolar AS atau setara dengan Rp1,4 juta per bulan. Biaya tersebut belum termasuk dengan parabola dan router yang harganya mencapai 549 dolar AS, atau setara Rp8,1 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarmajalengka.com