TPA Heleut Bisa Picu Masalah Serius, Pj Bupati Majalengka dan Pemkab Majalengka Percepat Penanganan

TPA Heleut Bisa Picu Masalah Serius, Pj Bupati Majalengka dan Pemkab Majalengka Percepat Penanganan

Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi saat meninjau TPA Heleut.-Google Chrome - Tangkapan Layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - TPA Heleut bisa menjadi masalah serius bila tak diperhatikan, pasalnya jika banyak sampah yang tak terbendung atau tercecer, bisa menimbulkan dampak negatif bagi warga sekitar.

Tempat Pemrosesan Akhir atau TPA yang berlokasi di Desa Heleut, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka ini memunculkan polemik baru jika tak cepat ditangani. Masalah itu bisa menimbulkan dampak kesehatan yang negatif bagi warga sekitar TPA Heleut.

Menyikapi keluhan warga, Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi dan Pemkab Majalengka akan segera mempercepat penanganan masalah di TPA Heleut. Pj Bupati dan Pemkab Majalengka juga ingin segera all out untuk mengatasi polemik ini, kajian di tempat langsung pun sudah ditinjau, kajian ini juga ditinjau berdasarkan aspirasi yang disampaikan oleh warga sekitar dan pemerintah desa (pemdes) setempat. 

Aspirasi yang datang dari pemdes setempat seperti yang diungkapkan oleh Kuwu Heleut Agus A. Sofyan mengatakan "Aspirasi kami, di antaranya yang terdampak secara langsung ya. Terus yang kedua, akses jalan ke TPA ingin diperbaiki. Kan itu. Termasuk saluran irigasi dan kolam pengelolaan air lindi, supaya tidak ke tanah warga lainnya. Alhamdulillah itu ada pernyataan dari Pak Pj, segera direalisasi," tegas Sofyan. 

BACA JUGA:PKB Kantongi 4 Nama Bacabup, Salah Satunya Sekda Eman Suherman

TPA Heleut ini lokasi nya juga melewati area pemukiman, yang memungkinkan adanya pencemaran, akibat dari sampah yang tercecer atau bau tak sedap dari tumpukan sampah. Mobil pengangkut sampah yang tidak baik, dan jalan yang rusak, membuat sampah yang diangkut kerap tercecer dan jadi pemandangan yang kurang baik untuk kesehatan warga sekitar. 

Beberapa langkah sudah masuk dalam rencana Pemkab, guna perbaikan TPA itu. Lebih lanjut Pj Bupati Majalengka mengatakan " Ada kolam buat limbah. Ada lagi pembelian ekskavator, alat berat, termasuk perbaikan jalan dan sebagainya," kata Dedi setelah pemberian kompensasi kepada warga di Balai Desa Heleut, Senin (20/5/2024).

Langkah-langkah yang diambil oleh Pemkab Majalengka dalam menyikapi permasalahan TPA Heleut ini yaitu, Pemerintah akan menanggung BPJS Kesehatan bagi warga sekitar yang terdampak, Pembangunan TPST untuk solusi menangani TPA, Peralatan pengolahan sampah termasuk alat penunjang pengurai sampahnya.

Diharapkan Langkah-langkah ini dapat setidaknya untuk mengatasi polemik masalah di TPA Heleut, agar warga sekitar TPA juga bisa merasakan dampak peningkatan untuk mengatasi permasalahan yang ada di TPA Heleut. Yang pastinya rencana penanganan masalah di TPA Heleut ini juga sudah masuk ke dalam rencana dan kajian dari Pj Bupati Majalengka dan Pemkab Majalengka serta dinas terkait. 

BACA JUGA:Curi Mobil, Dua Warga Indramayu Ditangkap Polisi

“Saya ingin all out. Sistem pengelolaan sampah di Majalengka juga harus naik kelas. Menurut saya, dengan konsep TPST maka pengolahan sampah yang saat ini berada di TPA Heuleut dapat langsung diproses. Jadi yang dibutuhkan, yaitu peralatan pengolahan sampah termasuk alat penunjang pengurai sampahnya. “Nanti dalam perjalanan pembangunan TPA Heuleut menuju TPST ini juga akan dilakukan pembebasan lahan warga yang terkena dampak sampah. Termasuk hadirnya sistem untuk meminimalisir dampak, seperti pembuatan saluran limbah, dan pembuatan kolam sehingga tidak menghasilkan bau,” ujar Dedi Supandi, Senin (6/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: