5+ Minuman Tradisional Nusantara Ini Kaya Akan Manfaat, Bikin Tubuh Makin Sehat!

5+ Minuman Tradisional Nusantara Ini Kaya Akan Manfaat, Bikin Tubuh Makin Sehat!

minuman tradisional wedang uwuh-halodoc.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COMMinuman tradisional yang ada di Indonesia mempunyai banyak manfaat, khususnya untuk Kesehatan.

Tak ada habisnya jika bicara tentang kuliner Nusantara, baik makanan maupun minumannya. Untuk minuman sendiri setiap daerahnya biasanya mempunyai minuman tradisional, yang dimana minuman tersebut mempunyai ciri yang khas. Ciri khas ini karena diracik dengan bahan yang alami, yaitu rempah-rempah. 

Yups sedari dulu Indonesia memang dikenal dengan negara yang kaya akan rempah-rempah. Jadi tak heran jika minuman tradiosional ini memiliki aroma khas Nusantara dan juga menyegarkan karena minuman ini dibuat dengan berbagai macam bahan termasuk rempah-rempah.

Selain aromanya yang khas dan menyegarkan, minuman tradiosional juga baik untuk kesehatan, nah untuk itu berikut beberapa minuman tradisional yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:Menelusuri Misteri Candi Cetho, Gerbang Menuju Surga Para Leluhur

1. Bajigur

Warga Jawa Barat siapa yang tak kenal dengan minuman tradiosional yang satu ini, yaitu bajigur. Bajigur ini salah satu minuman tradisional yang sangat nikmat diminum saat dalam keadaan hangat. Minuman ini terbuat dari gula aren, santan, jahe, dan berbagai rempah-rempahan. Dengan kenikmatan dari bahan-bahan tersebut maka tak heran jika minuman ini mengandung khasiat dan kaya manfaat bagi kesehatan, yaitu bisa mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah, selain itu bisa juga untuk menjaga sistem pencernaan. 

Wah jadi ingin merasakan hangatnya bajigur saat keadaan hujan dan suhu yang dingin ya, jadibikin suasana makin nikmat.

BACA JUGA:Misteri Candi Prambanan: Legenda, Mitos, dan Fakta Menarik

2. Wedang Uwuh

Satu lagi minuman yang sangat nikmat ketika dikonsumsi dalam keadaan hangat, yaitu wedang uwuh. Minuman yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki rasa yang manis dan aromanya nikmat karena terbuat dari rempah-rempah pilihan. Uwuh yang berarti sampah ini diartikan bahwa minuman ini isinya dedaunan dan rempah mirip seperti sampah. Tapi itu hanya ibarat saja ya, yang pasti minuman ini memiliki manfaat yaitu terdapat kandungan antioksidan tinggi yang bisa menyegarkan badan, melancarkan aliran darah dan bisa juga mengatasi masuk angin loh.

Ada hal yang membuat takjub lagi tentang minuman ini, dilansir dari kemenparekraf.go.id yang menyatakan bahwa wedang uwuh ini masuk dalam warisan budaya tak benda oleh kemendikbud dan menjadi salah satu produk ekraf yang masuk pasar mancanegara. Wah keren banget ya minuman tradisional yang satu  ini.

BACA JUGA:Tips Atasi Maskara Kering Pada Makeup Dengan Merendamnya ke dalam Air Panas

3. Teh Gaharu 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: