DULUNYA TPS! Tapi Kini Disulap Menjadi Destinasi Wisata yang Cantik, Aryakibansland Namanya

DULUNYA TPS! Tapi Kini Disulap Menjadi Destinasi Wisata yang Cantik, Aryakibansland Namanya

Aryakibansland yang dahulunya merupakan TPS dan kini disulap cantik hingga menjadi destinasi wisata favorit. -Instagram @disparbudmajalengka - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Siapa sangka bahwa di Majalengka ada salah satu destinasi wisata yang pada awalnya hanyalah sebuah tempat pembuangan sampah seperti TPS.

Namun, kini tempat sampah tersebut sudah disulap oleh pihak pengelola setempat menjadi destinasi wisata yang cantik, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata pilihan dan favorit bagi wisatawan yang sedang ingin berkunjung ke Majalengka.

Nama dari destinasi wisata tersebut adalah Aryakibansland, yang juga sempat direkomendasikan oleh Disparbud Majalengka sebagai salah satu pilihan tempat destinasi wisata, bahkan pada saat libur lebaran 2024, Aryakibansland kedatangan para wisatawan sebanyak 10.150 orang. 

Nah, pada artikel berikut ini akan membahas mengenai salah satu destinasi wisata yang dahulunya merupakan TPS dan kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Majalengka, Aryakibansland namanya. Simak selengkapnya disini.

BACA JUGA:Disambangi 10 Ribu Orang Wisatawan Saat Libur Lebaran 2024, Ini Dia Pesona Aryakibansland Majalengka

Lokasi Aryakibansland Majalengka terletak di wilayah Aryakiban, Jl. Singawada, RT.004/RW.002, Rajagaluh Kidul, Kec. Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472. Jam operasional nya mulai buka pada pukul 08.00 hingga 16.00 setiap harinya. 

Rute untuk sampai ke destinasi wisata Aryakibansland ini jika titik awal dari Kabupaten Majalengka hanya sekitar 22 menit (10,2 km) melalui lewat Jl. Majalengka-Rajagaluh atau Jl. Pangeran Muhamad dan bisa dilalui dengan kendaraan roda dua atau roda empat. 

Namun siapa sangka dibalik keindahan dan keunikannya, destinasi wisata Aryakibansland ini tadinya merupakan tempat pembuangan sampah ilegal TPS, yang kemudian disulap oleh sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas MPS (Masyarakat Peduli Sosial-Sungai-Sampah) Aryakiban. 

Komunitas MPS (Masyarakat Peduli Sosial-Sungai-Sampah) Aryakiban, ini melihat segi potensial dari kawasan destinasi wisata yang dekat dengan Sungai Ciputri dan hamparan sawah, yang kemudian diubah dari yang awalnya kumuh sungainya menjadi lebih bersih dan terjaga, sehingga dapat membuka potensi dari destinasi wisata baru di Majalengka. 

BACA JUGA:Dikunjungi 10 Ribu Orang Wisatawan Saat Libur Lebaran, Pesona Aryakibansland Majalengka Indahnya Bukan Main!

Aryakibansland ini untuk harga tiket masuk nya sangat terjangkau sekali sekitar Rp 7.000 saja. Harga tiket masuk untuk anak-anak hanya sebesar Rp 5.000 saja dan untuk tiket parkir itu sebesar Rp 3.000, untuk sumber harga ini didapati dalam berbagai sumber informasi terkait yang ada.

Aryakibansland ini memiliki destinasi wisata yang beragam di dalamnya, bisa juga disambangi sebagai destinasi wisata untuk keluarga, pasalnya Aryakibansland ini juga ramah anak berkat adanya kolam renang yang dikhususkan untuk anak-anak. Dan juga terdapat tempat untuk makan seperti Gazebo dengan berbagai menu makanan di dalamnya, yang cocok dinikmati saat bersama keluarga. 

Bagi Anda yang menyukai adrenalin pun bisa dengan melakukan aktivitas River Tubing di Sungai Ciputri dan Anda jangan khawatir, karena Anda akan ditemani oleh Ranger Aryakibansland selama aktivitas River Tubing, untuk menjaga keselamatan dan keamanan Anda sebagai wisatawan. Untuk mengakses River Tubing ini hanya seharga Rp 25 ribu untuk jarak 400 m dan Rp 35 ribu untuk jarak 500 m. Harga sudah termasuk dokumentasi dan full guide. 

Bagi Anda yang menyukai hunting spot-spot foto yang menarik dan estetik, di Aryakibansland ini juga tersedia beberapa spot foto dengan latarbelakang alami dari perpaduan suasana Sungai Ciputri dan hamparan sawah yang ada di kawasan Aryakibansland Majalengka ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: