Pabrik Biochar dengan Skala Komersial Terbesar di Asia Dibangun di Majalengka

Pabrik Biochar dengan Skala  Komersial Terbesar di Asia Dibangun di Majalengka

DIRESMIKAN: Adik Presiden terpilih Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Biochar Indonesia Internasional (IIBA) ikut menghadiri persmian.-Baehaqi-Radarmajalengka.com

BACA JUGA:UNIK! Ini Dia 5 Fitur Menarik Hp Infinix GT 10 Pro, Salah Satunya Terdapat Sistem Pendingin, Cocok Buat Gaming

Ketika dikombinasikan dengan pupuk organik, Biochar dapat secara signifikan meningkatkan kualitas produk pertanian, serta meningkatkan kesehatan tanah, hasil panen, dan berkontribusi pada tujuan pengurangan emisi Indonesia secara nyata dan praktis.

Situs Biochar Majalengka milik Sawa siap untuk mengkonversi 30.000 ton limbah agrikultur setiap tahunnya.
Menghasilkan lebih dari 5.000 ton Biochar dan mencapai lebih dari 5.000 ton pembuangan karbon dioksida yang terukur.

"Potensi global Biochar dalam menghilangkan CO2 sangat besar, dan penelitian menunjukkan bahwa Biochar dapat menyerap miliaran ton CO2 jika diadopsi secara lebih luas, sehingga menawarkan solusi terukur untuk salah satu tantangan paling mendesak di era berkelanjutan seperti saat ini," ucapnya.

Dia menambahkan bahwa strategi ekonomi danl ingkungan Sawa serta pengakuan global atas kredit karbon mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca, dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan sumber pendapatan baru.

BACA JUGA:Kenali 3 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh, Yang Jarang Orang Ketahui

Pendekatan inovatif ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan berfungsi sebagai model praktis untuk mengubah limbah menjadi sumber daya yang berharga, mendorong pembangunan ekonomi melalui pengelolaan lingkungan.

Sawa mengambil langkah-langkah untuk memastikan pengakuan formal atas upaya pengurangan karbonnya.
Proyek ini akan didaftarkan pada Sistem Registrasi Nasional (SRN), dan Sawa juga menginginkan kredit karbon mendapatkan pengakuan dari badan standar internasional, sehingga meningkatkan kredibilitas dan nilai pasar dari pengurangan emisi yang dicapai.

"Dengan diresmikannya pabrik ini, diharapkan masyarakat semakin mengenal dan mampu memanfaatkan Biochar sehingga semua pihak dapat berkontribusi membantu Indonesia mencapai target penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca)," tambahnya. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: