Inilah Mitos Hari Kamis Menurut Primbon Jawa, Apa Saja ?

Inilah Mitos Hari Kamis Menurut Primbon Jawa, Apa Saja ?

mitos hari kamis menurut primbon jawa-freepik.com - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Dalam Primbon Jawa, hari Kamis memiliki beberapa mitos dan kepercayaan yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, seperti watak, jodoh, dan rezeki.

Berikut beberapa mitos hari Kamis menurut Primbon Jawa:

1. Weton Kamis

Weton merupakan hari kelahiran seseorang dimana perhitungannya didasarkan pada tujuh hari dalam seminggu dan lima hari pasaran (hari Jawa).

  • Sifat dan Watak: Orang yang lahir pada hari Kamis umumnya diyakini memiliki sifat dan watak yang baik, seperti sabar, bijaksana, suka menolong, dan berjiwa pemimpin. Mereka juga diyakini memiliki intuisi yang kuat dan mudah bergaul.
  • Keberuntungan: Hari Kamis dianggap sebagai hari yang baik untuk memulai sesuatu yang baru, seperti membuka usaha, menikah, atau pindah rumah. Dipercaya bahwa usaha yang dimulai pada hari Kamis akan lebih sukses dan langgeng.
  • Pantangan: Ada beberapa pantangan yang diyakini harus dihindari pada hari Kamis, seperti memotong kuku, mencabut bulu, dan memandikan anak. Konon, pantangan ini dapat membawa kesialan bagi orang yang melakukannya.

BACA JUGA:Inilah 7 Mitos Tentang Hari Kamis di Berbagai Budaya

2. Pasaran Kamis

Pasaran merupakan hari dalam Kalender Jawa antara lain Legi, Pahing, Kliwon, Pon, Wage.

  • Pasaran Legi: Pasaran Kamis Legi diyakini sebagai hari yang baik untuk melakukan ritual tolak bala atau menangkal sial. Di hari ini, orang-orang biasanya melakukan ritual seperti memandikan diri dengan air kembang tujuh warna atau membakar dupa.
  • Pasaran Pahing: Pasaran Kamis Pahing diyakini sebagai hari yang baik untuk melakukan ritual memohon keberuntungan dan rezeki. Di hari ini, orang-orang biasanya melakukan ritual seperti bersedekah atau berdoa di tempat-tempat tertentu.
  • Pasaran Kliwon: Pasaran Kamis Kliwon diyakini sebagai hari yang baik untuk melakukan ritual penyucian diri. Di hari ini, orang-orang biasanya melakukan ritual seperti mandi keramas dengan air kembang tujuh warna atau berendam di air garam.
  • Pasaran Pon: Pasaran Kamis Pon diyakini sebagai hari yang baik untuk melakukan ritual memohon jodoh. Di hari ini, orang-orang biasanya melakukan ritual seperti berpuasa atau berdoa di tempat-tempat tertentu.

BACA JUGA:Extra Virgin Olive Oil, Jenis Minyak Zaitun yang Disa Diminum Baik untuk Kesehatan

3. Makna Mimpi di Hari Kamis

Mimpi merupakan kejadian dalam alam bawah sadar ketika tertidur. berikut merupakan makna mimpi di hari kamis menurut primbon jawa.

  • Mimpi buruk: Mimpi buruk yang terjadi di hari Kamis diyakini sebagai pertanda bahwa Anda akan mendapatkan cobaan atau rintangan dalam waktu dekat. Anda disarankan untuk lebih berhati-hati dan waspada.
  • Mimpi baik: Mimpi baik yang terjadi di hari Kamis diyakini sebagai pertanda bahwa Anda akan mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan dalam waktu dekat. Anda disarankan untuk tetap semangat dan optimis.

Itulah beberapa mitos hari kamis menurut primbon jawa.

Penting untuk diingat bahwa mitos-mitos ini tidak memiliki dasar ilmiah dan hanya merupakan kepercayaan turun-temurun.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: