Ternyata buah yang jarang orang ketahui ini banyak manfaatnya loh! Ini dia beberapa manfaat dari buah mengkudu

Ternyata buah yang jarang orang ketahui ini banyak manfaatnya loh! Ini dia beberapa manfaat dari buah mengkudu

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Mengkudu merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meski begitu, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, yaitu:

1. Menurunkan kadar gula darah

Buah mengkudu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini berdasarkan sebuah riset menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Efek tersebut diduga berkat kemampuannya dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

BACA JUGA:Kecil-kecil cabe rawit! Ini dia sejuta manfaat dari buah rambusa yang bagus bagi kesehatan tubuh

2. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Buah mengkudu diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan asap rokok, polusi, racun, radiasi, atau sinar matahari berlebih.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah memperkuat daya tahan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

BACA JUGA:Resep Ketupat Super Mudah untuk Pemula, Dijamin Anti Gagal!

4. Menjaga kadar kolesterol

Ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

5. Mengurangi nyeri sendi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: