Banjaran, Kecamatan Penghasil Kolang Kaling Terbaik di Majalengka, Pusatnya di Desa Cimeong dan Girimulya

Banjaran, Kecamatan Penghasil Kolang Kaling Terbaik di Majalengka, Pusatnya di Desa Cimeong dan Girimulya

Kecamatan Banjaran merupakan salah satu penghasil kolang kaling di Kabupaten Majalengka.-Zulaikha Pratiwy - Tangkapan layar youtube-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Bila menyebut nama Banjaran, apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, yang terlintas dalam pikiran adalah kolang kaling

Salah satu kecamatan di Kabupaten Majalengka ini memang merupakan penghasil kolang kaling terbaik di kabupaten berjuluk Kota Angin tersebut.

Setidaknya 2 desa di Kecamatan Banjaran yang menjadi sentra produsen buah untuk campuran kolak ini. Yakni desa Cimeong dan Girimulya.

Soal salah satu kecamatan di bagian selatan Kabupaten Majalengka ini sebagai sentra kolang kaling, pernah ditulis oleh bloger bernama Gelar S Ramdhani. Dia adalah warga asli Kecamatan Banjaran.

BACA JUGA:Selamat Tinggal Kolesterol: Ini Menu Berbuka Puasa Untuk Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

Tulisannya diberi judul “Mengenal Kolang Kaling Terbaik Asal Banjaran Majalengka”. Dalam tulisan yang tak terlalu panjang itu, dia mendeskripsikan kolang kaling di kampung halaman.

Tulisannya dimulai dengan menjelaskan jika buah ini  merupakan makanan yang sehat. Selain itu juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Menurutnya, kolang kaling bentuknya lonjong, kenyal, berwarna putih. Buah ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang sangat menyegarkan.

Produk makanan ini berasal dari biji buah aren atau arenga pinnata. Sebelum menjadi kolang kaling, biji buah aren dibakar terlebih dahulu, lalu diambil bijinya.

BACA JUGA:Inilah 9 Zodiak yang Beruntung Bulan Maret 2024, Apakah Zodiakmu Termasuk?

Bijinya tersebut kemudian direbus selama beberapa jam. Selanjutnya biji yang sudah ditebus, direndam dalam air selama beberapa hari hingga mengalami proses fermentasi.

Sebagai orang asli Kecamatan Banjaran, melalui artikel itu, dia ingin memperkenalkan kepada masyakarat Indonesia, kehebatan kolang kaling daerahnya.

“Bahwa daerah tempat kelahiran saya, yaitu Kecamatan Banjaran merupakan daerah penghasil kolang-kaling terbaik. Sudah ada sejak puluhan tahun lalu,” ungkapnya.

Kolang kaling yang ada di daerahnya merupakan produk asli berkualitas tinggi. Berasal dari pohon aren terbaik yang ditanam di daerah sekitar. Diolah secara tradisional oleh pengrajin lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: