Jelang Lebaran 2024, BIJB Kertajati Buka 4 Rute Baru, Termasuk ke Surabaya dan Singapura

Jelang Lebaran 2024, BIJB Kertajati Buka 4 Rute Baru, Termasuk ke Surabaya dan Singapura

Bandara Kertajati akan membuka rute baru menjelang lebaran 2024.-Dani Rusdian - Tangkapan layar Google Maps-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Ini kabar baik bagi yang ingin mudik melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Pada April 2024 ini, bandara tersebut akan membuka 4 rute baru.

Rute-rute baru bandara yang letaknya tak jauh dari Tol Cipali ini, ada untuk internasional dan domestik. Termasuk ke Surabaya untuk rute domestik dan Singapura untuk penerbangan internasional.

Memang tidak spesifik, pengelola bandara yang berdara di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka ini menyebut jika 4 rute baru itu dalam rangka menyambut Lebaran 2024.

Namun, seperti diketahui Lebaran Tahun 2024 ini akan jatuh pada pertengahan April 2024. Jika pihak pengelola BIJB merencanakan pada bulan April membuka 4 rute baru, hal tersebut bertepatan dengan angkutan mudik dan balik Idul Fitri 2024.

BACA JUGA:Explore Kuliner Yuk! 10 Makanan Khas Majalengka yang Menaraik untuk Dicicipi

Pada awal tahun 2024 ramai diberitakan jika pihak pengelola BIJB Kertajati bakal menambah 4 rute. Rencananya rute-rute tersebut dibuka mulai April 2024.

Yang mengungkapkan pembukaan 4 rute baru tersebut adalah Direktur Utama PT BIJB, Muhammad Singgih. Dia mengatakan dari 4 rute baru yang bakal dibuka, 3 untuk domestik dan 1 untuk penerbangan internasional.

Disebutkan, 3 rute untuk domestik meliputi penerbangan ke Surabaya (Jatim), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Pontianak (Kalimantan Barat). Sedangkan, 1 rute internasional tujuannya  ke negara tetangga, Singapura.

"Kami memperkirakan rute-rute itu sangat dibutuhkan masyarakat. Secara historis memang banyak jumlahnya. April kami targetkan," ungkap Muhammad Singgih pada akhir Januari 2024 lalu.

BACA JUGA:Jelang Puasa, Masyarakat Kabupaten Majalengka Menerima Bantuan Sosial

Dijelaskannya, penambahan rute tersebut sangat memungkinkan. Apalagi dari  sisi regulasi juga sudah ada perizinannya.

"Kalau izin sudah ada tinggal diaktifkan saja dan dikomunikasikan dengan maskapai penerbangan," ujar Singgih.

Selain rute baru, BIJB akan memaksimalkan tujuan penerbangan yang sudah ada. Diharapkan dengan langkah terbaru ini, aktivitas di Bandara Kertajati bisa meningkat.

“Saat ini yang paling diminati masyarakat itu rute penerbangan menuju Denpasar, Bali. Tingkat okupansi pesawat rata-rata di atas 70 persen," ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: