MANTAP! Rp10 Miliar untuk 343 Motor NMax Diberikan Pada Kades dan Lurah

MANTAP! Rp10 Miliar untuk 343 Motor NMax Diberikan Pada Kades dan Lurah

TANDA TANGAN: Penyerahan batuan sepeda motor secara simbolis dilakukan kepada enam perwakilan kades dan lurah di Pendopo Bupati Majalengka Senin (26/2).-istimewa-Radarkuningan.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Sebanyak 343 motor diserahkan kepada para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kabupaten Majalengka di Pendopo Bupati Majalengka Senin (26/2). Penyerahan kendaraan roda dua bantuan operasional dari Pemerintah Kabupaten Majalengka secara simbolis dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Majalengka, Drs. H. Dedi Supandi MSi.

Penyerahan motor inventaris itu disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, Drs. H. Edy Annas Djunaedi MM, Sekretaris Daerah, Drs H Eman Suherman MM, beserta Forkopimda Majalengka.

Sekretaris Daerah, Drs H Eman Suherman MM menerangkan sepeda motor untuk 330 desa dan 14 kelurahan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Majalengka tahun 2024.

Eman menyebutkan bahwa para kades dan lurah memiliki tugas yang sangat berat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Majalengka memberikan roda dua sebagai bantuan operasional dalam menjalankan tugas mereka.

BACA JUGA:3+ Minuman Untuk Bantu Mengobati Sakit Tenggorokan, Dijamin Ampuh dan Bikin Lega

Diakui bahwa awalnya diajukan pembelian roda dua merek Honda, namun penyedia jasa Honda belum memenuhi komponen yang disyaratkan. Lalu Yamaha N Max dipilih karena komponennya memenuhi 40 persen syarat.
Terkait warna motor, awalnya diusulkan warna merah, namun akhirnya disepakati menggunakan warna hitam yang dianggap netral dalam konteks politik, sesuai dengan permintaan penyedia jasa.

Sekda Eman mengungkapkan anggaran awal untuk pengadaan motor sebesar Rp11 miliar, tetapi yang terserap hanya Rp10 miliar. Sementara sisanya menjadi dana sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa).

"Silakan cek motor tersebut, sudah tersedia oli, helm, dan jaket," tambah Sekda Eman.
Sementara itu, Pj Bupati Dedi Supandi menyatakan awalnya penyerahan direncanakan pada momen Nisfu Sya'ban. Namun akhirnya pada Senin (26/2), menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah.

Pj Bupati Dedi menyebutkan kades dan lurah terakhir kali menerima bantuan motor dari Provinsi Jawa Barat pada tahun 2011-2012.

BACA JUGA:Ini Adalah Waktu yang Tepat Untuk Berjalan Kaki Lho!

Dia berharap bahwa dengan adanya bantuan kendaraan roda dua ini, akses dengan instansi vertikal dan layanan publik dapat dipercepat.

"Kami berharap dengan bantuan motor ini, kinerja mereka akan lebih lancar dan seimbang dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), terutama peningkatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)," tambahnya.

Acara penyerahan motor secara simbolis dilakukan kepada enam perwakilan kades dan lurah, yaitu Kades Cikidang Bantarujeg, Kades Sunia Banjaran, Kades Bantaragung Sindangwangi, Kades Randegan Kulon Jatitujuh, Kades Kawunghilir Cigasong, dan Lurah Majalengka Kulon, Roswati, SIP MSi.

Kades Kawunghilir, Hj. Yosa Novita, menyatakan terima kasih kepada Karna Sobahi yang saat itu menjabat Bupati Majalengka dan Sekda Eman Suherman yang telah menganggarkan bantuan motor untuk para Kades dan Lurah di Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: