Pj Bupati Apresiasi KPU, Puluhan Penyandang Disabilitas Dilibatkan dalam Sorlip Surat Suara

Pj Bupati Apresiasi KPU, Puluhan Penyandang Disabilitas Dilibatkan dalam Sorlip Surat Suara

LIBATKAN DISABILITAS: Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi mengaku terharu saat memantau langsung proses sorlip surat suara, karena KPU melibatkan penyandang disabilitas.-Baehaqi-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Proses sortir dan pelipatan (sorlip) surat suara mulai dilaksanakan di Kabupaten Majalengka pada Selasa (9/10), dan Gedung Majalengka Creative Center (MCC) menjadi lokasi yang dipilih dalam proses pelipatan surat suara.

Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi memantau langsung proses pelipatan surat suara dan mengapresiasi KPU karena dalam prosesnya, penyandang disabilitas dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara.

"Saya terharu tadi karena pelipat suaranya juga ada dari disabilitas, umurnya di atas 17 sampai dengan 60 tahun. Saya sangat mengapresiasi KPU,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (9/1).

Dedi mengatakan jumlah surat suara yang dilipat total secara keseluruh di Majalengka itu, sebanyak 5.103.270 lembar.

BACA JUGA:Awal Tahun Baru 2024, Yamaha Rilis WR155R Warna dan Grafis Baru

BACA JUGA:Berikut Daftar Agen BRIlink Yang Dapat Hadiah Program Kejar FBI 2023

Ada sekitar 500 orang petugas yang dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara dengan upah per satu lipatan Rp265. Surat suaranya terdiri dari surat suara DPR RI, DPRD Kabupaten Kota, Provinsi dan surat suara Pilpres.
Dedi juga berharap proses pelipatan surat suara bisa selesai lebih cepat dan ditargetkan bisa selesai dalam tujuh hari.

"Nah tadi saya lihat di sana petugas ada sekitar 500 orang, dan pelipatan berjalan dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00.WIB. Teknik pelipatannya ada yang pakai botol dan sebagainya. Surat suara yang dilipat itu adalah surat suara untuk Dapil 9 di Majalengka,” paparnya.

Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Teguh Fajar Utama Putra petugas pelipatan surat  dibagi menjadi 10 kelompok yang masing-masing terdiri dari 50-53 orang, termasuk tiga pengawas di tiap kelompok.

Dia juga membenarkan bahwa proses sortir dan pelipatan surat suara kali ini melibatkan 500 pekerja yang berasal dari Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Puluhan Agen BRIlink Dapat Reward Dari BRI Cabang Majalengka

BACA JUGA:Sepiring Nasi Plus Lauk Cuma Rp2 Ribu di Rumah Barokah Mie Ramen

Selain itu, puluhan penyandang difabel juga turut direkrut untuk menyortir dan melipat jutaan surat suara Pemilu 2024 tersebut.

"Kami melibatkan 500 orang termasuk penyandang difabel dalam sorlip surat suara ini, dan mereka dari berbagai kecamatan di Majalengka," kata Teguh saat ditemui di Majalengka Creative Center, Selasa (9/1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: