Apakah Benua Lemuria yang Hilang Pernah Ada?

Apakah Benua Lemuria yang Hilang Pernah Ada?

Peta tahun 1876 ini menggambarkan "12 jenis manusia" (Library Conggres Lemuria/WIKIPEDIA)--

RADARMAJALENGKA.COM-Pulau Atlantis yang hilang dalam mitos bukanlah satu-satunya peradaban besar yang diduga tenggelam di dasar lautan.

Pada abad ke-19, para ilmuwan serius mempunyai gagasan bahwa "benua yang hilang" pasti pernah ada di Samudera Hindia.

BACA JUGA:Caleg DPR RI Heru Subagia Tekankan Pentingnya Poros Peradaban Berbasis Ilmu Pengetahuan

Benua yang tenggelam itu disebut Lemuria, dan apa yang awalnya merupakan teori ilmiah yang kaku akhirnya menarik berbagai macam "orang yang benar-benar percaya", mulai dari okultis zaman Victoria hingga nasionalis India.

Kisah Lemuria dimulai dari seorang ahli zoologi Inggris bernama Philip Sclater yang menulis esai pada tahun 1864 berjudul “The Mammals of Madagascar.”

Di dalamnya, Sclater bertanya-tanya bagaimana Madagaskar, sebuah pulau di lepas pantai timur Afrika, bisa menjadi rumah bagi puluhan spesies lemur, primata kecil mirip kucing.

Sementara seluruh benua Afrika dan India memiliki apa yang diyakini Sclater hanya sebagai spesies lemur. Faktanya, Afrika dan India tidak memiliki lemur sama sekali, namun Sclater mengelompokkan beberapa primata bermata besar lainnya sebagai lemur, termasuk kukang dan galagos.

Hal ini terjadi jauh sebelum lempeng tektonik dan "pergeseran benua" menjadi istilah umum. Lempeng tektonik baru menjadi populer pada tahun 1920-an dan tebakan terbaik Sclater adalah bahwa lemur berasal dari Madagaskar dan bermigrasi ke Afrika dan India melalui jembatan darat yang luas seukuran sebuah "benua besar".

"Aku harus mengusulkan nama Lemuria!" tulis Sclater, menamai benua hipotetis itu dengan nama teman-temannya yang berbulu.

Selama Era Victoria, jembatan darat “muncul di mana-mana,” kata Sumathi Ramaswamy, seorang profesor sejarah di Duke University dan penulis “The Lost Land of Lemuria: Fabulous Geographies, Catastrophic Histories.”

“Para ahli geologi, ahli geografi, dan ahli biologi mencoba menjelaskan kesamaan dalam formasi batuan, dan kesamaan dalam semua jenis flora dan fauna di seluruh dunia, dengan berargumentasi bahwa dulunya terdapat jembatan darat atau benua yang tenggelam.”

Charles Darwin menerbitkan “On the Origin of Species” pada tahun 1859 dan bagi mereka yang menerima teori kontroversialnya tentang “seleksi alam”, ada satu pertanyaan kontroversial, "Di mana dan kapan ras manusia pertama kali muncul?

Dalam buku populer berjudul "History of Creation", seorang ahli biologi Jerman berpengaruh bernama Ernst Haeckel menjajakan teori evolusinya sendiri, menyebut benua Lemuria yang hilang milik Sclater kemungkinan besar merupakan tempat lahirnya umat manusia.

Menurut Haeckel, ada "12 jenis manusia", dan manusia pertama yang berevolusi dari primata purba terjadi di Lemuria dan menyebar dari sana ke seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: