Caleg DPR RI Heru Subagia Tekankan Pentingnya Poros Peradaban Berbasis Ilmu Pengetahuan

Caleg DPR RI Heru Subagia Tekankan Pentingnya Poros Peradaban Berbasis Ilmu Pengetahuan

Caleg DPR RI Heru Subagia Dapil Jabar 8 yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten dan Kabupaten Indramayu untuk Pemilu 2024--

Menurut Heru, dampak psikologis itu turut memengaruhi pola pikir masyarakat. Salah satunya dengan kerap mengonotasikan tradisi atau budaya sebagai sesuatu yang kuno dan sudah ditinggalkan.

Padahal, nilai-nilai budaya tersebut masih relevan dengan kehidupan manusia di masa sekarang. Sebab, budaya berisi hubungan harmonis antara manusia dan Tuhan, sesama manusia, dan alam.

”Krisis ekologi, krisis kemanusiaan, perang, dan krisis spiritualitas saat ini merupakan persoalan yang jawabannya ada dalam tradisi. Hanya saja, dalam mindset kita saat ini, seolah-olah budaya itu sudah ditinggalkan,” ucapnya.

Heru menuturkan, budaya Nusantara kaya akan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan. Jika dikembangkan, potensi ini bisa memberikan dampak besar bagi berbagai sektor, seperti pendidikan dan ekonomi.

”Budaya Islam Nusantara memiliki kekuatan unsur spiritualitas dan sains. Hal ini yang membuat Indonesia berbeda dengan bangsa lain. Andai kita bisa menyusun kekayaan ini menjadi bahan ajar, pasti sangat penting manfaatnya,” ujarnya.

Ia mencontohkan jalan setapak kuno di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan ini menyimpan banyak pengetahuan dan tradisi budaya. 

"Sepanjang jalan setapak kuno ini, ada banyak peninggalan di masa peralihan peralihan masa Hindu-Buddha menuju masuknya pengaruh Islam. Itu adalah kekayaan budaya yang tidak sekadar dipandang dalam ekspresi melankolis sisi keindahannya. Namun, juga bisa menjadi daya dorong bangsa untuk digdaya dalam ilmu pengetahuan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: