Majalengka jadi Kota Terpanas di Indonesia Capai 39,1 Derajat Celsius, Ini Penyebabnya!

Majalengka jadi Kota Terpanas di Indonesia Capai 39,1 Derajat Celsius, Ini Penyebabnya!

Majalengka jadi Kota Terpanas di Indonesia Capai 39,1 Derajat Celsius, Ini Penyebabnya!-Sonora.Id-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar kota terpanas selama 19-20 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB, Jumat (20/10/2023).

Seperti laporan-laporan sebelumnya, Kertajati, Majalengka, kembali menjadi kota terpanas di Indonesia dengan catatan suhu tertinggi 37,8 derajat celsius. 

Meski demikian, angka catatan tersebut terbilang menurun jika dibandingkan dengan catatan pada 18-19 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB mencapai 39,1 derajat Celsius.

"Penurunan suhu diprediksi mulai terjadi pada November seiring dengan mulainya masa peralihan atau pancaroba di beberapa wilayah," tulis BMKG.

Menurut Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, penyebab tingginya suhu di Kawasan Majalengka adalah angin fohn atau angin jatuh panas di daerah Cirebon, Majalengka, Kertajati dan sekitarnya.

BACA JUGA:Promosikan BIJB, Pemprov Jabar Angkat Seni dan Budaya

Angin fohn atau angin jatuh panas adalah angin yang berembus naik ke pegunungan, kemudian turun menuju lereng dengan kecepatan dan suhu yang relatif tinggi. 

Faktor utama terjadinya angin Fohn di daerah Cirebon dan sekitarnya karena keberadaan Gunung Ciremai. Pasalnya, perbedaan angin Fohn dengan angin biasa hanya dapat dilihat dari faktor keberadaan sebuah gunung. 

Namun, perbedaan ketinggian gunung akan menghasilkan kecepatan angin, suhu, hingga tingkat kekeringan yang berbeda pula.

Menurut Guswanto, angin fohn dapat ditemukan dari timur hingga selatan bumi. Jadi bukan hanya terdapat di Majalengka, angin fohn ini juga terdapat di beberapa wilayah di Indonesia. 

BACA JUGA:Tempat Belanja Favorit di Majalengka, Terlengkap!

"Beberapa di antaranya angin bahorok di Deli Serdang, angin wambrau di Biak, atau angin gendhing di Probolinggo. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari angin di berbagai daerah tersebut," ucap Guswanto.

Berikut daftar 10 kota terpanas di Indonesia berdasarkan pantauan BMKG periode 19-20 Oktober 2023:

1. Stasiun Meteorologi Kertajati, Jawa Barat : 37,8 derajat Celsius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: