Promosikan BIJB, Pemprov Jabar Angkat Seni dan Budaya

Promosikan BIJB, Pemprov Jabar Angkat Seni dan Budaya

SENI BEROKAN: Pada hari pertama pemindahan penerbangan komersial dari Husein ke Kertajati, ditampilkan Seni Berokan yang sukses memikat pengunjung.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berupaya memanfaatkan aktivitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Salah satu caranya, mempromosikan seni dan budaya lokal Kabupaten Majalengka dan Jawa Barat. Ke depan pemprov juga bakal rutin menggelar hajat seni dan budaya di area Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tersebut.

Bandara Kertajati mulai menggeliat setelah mengganti peran Bandara Husein Sastranegara, Bandung, per 29 Oktober 2023 kemarin. Beroperasinya BIJB Kertajati diyakini menjadi momentum seni dan budaya di Jabar agar dikenal lebih luas.

"Kadis Pariwisata Jabar berjanji akan mengadakan event-event di BIJB Kertajati setiap minggunya," kata Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin kepada beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Rute Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati

BACA JUGA:Cafe Tiga Delapan Memiliki Tempat Estetik dan Instagramable, Cocok Untuk Anda Jumpai!

Pemprov juga berjanji akan lebih gencar lagi mempromosikan seni dan budaya Jabar maupun Majalengka. Oleh karena itu, kata Bey, pihaknya akan mendorong setiap daerah di Jabar agar rutin menggelar pertunjukan seni dan budaya. "Sehingga tidak hanya untuk area keberangkatan, tetapi kita juga promosikan budaya-budaya di daerah," ujarnya.

Bey mengaku, pemprov juga tidak hanya fokus pada promosi kesenian dalam memanfaatkan aktivitas Bandara Kertajati. Di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati juga terdapat produk-produk lokal dari daerah sekitar. Sehingga diharapkan dengan kehadiran produk tersebut, pengunjung akan lebih mudah mendapatkan produk khas dari daerah sekitar bandara.

"Ada di antaranya batik-batik dari Cirebon dan juga hasil produk lainnya sekitar (Majalengka) sini. Kami ingin BIJB ini menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat," harapnya.

Sementara itu, di hari pertama pemindahan penerbangan komersial dari Husein ke Kertajati, penampilan Seni Berokan sukses memikat pengunjung. Dalam kesempatan itu, ada dua seniman Berokan asal Indramayu yang tampil, menghibur pengunjung.

BACA JUGA:Balas Dendam Serangan 7 Oktober, Mantan Intelijen Militer Israel Ungkap Gaza Bakal Dilenyapkan

BACA JUGA:Tempat Belanja Favorit di Majalengka, Terlengkap!

"Seniman diminta Pemerintah Indramayu untuk tampil di sini. Para seniman ini biasanya ngamen," kata ketua rombongan Seni Berokan Eddi Supriyadi.

Eddi menyambut baik rencana pemprov mendorong pertunjukan seni dan budaya di Jabar agar dikenal masyarakat luas. Seniman Berokan Kabupaten Indramayu siap dilibatkan ketika nantinya ada kesempatan untuk kembali manggung di BIJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: