100 Ton Sampah Sehari, DLH Mendapat Tambahan Empat Armada Pengangkut Sampah

100 Ton Sampah Sehari, DLH Mendapat Tambahan Empat Armada Pengangkut Sampah

TAMBAHAN ARMADA SAMPAH: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendapat tambahan empat unit truk pengangkut sampah dari Pemkab Majalengka.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menambah empat unit truk pengangkut sampah guna mendukung program kebersihan di Kabupaten Majalengka.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana di dampingi Sekda Majalengka Drs H Eman Suherman MM secara simbolis menyerahakan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Senin (16/10) bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Majalengka.

Wakil Bupati Tarsono mengharapkan berbagai instansi dan elemen untuk bersama-sama mendukung Pemkab Majalengka dalam menangani berbagai masalah sampah yang menjadi fokus utama saat ini.  Dengan adanya penambahan armada ini diharapkan dinas bisa merawat dengan baik, karena untuk pengadaan armada perlu anggaran yang besar.

"Kami harapkan berbagai pemangku kepentingan di daerah ini bersama-sama Pemkab Majalengka untuk menangani masalah sampah, terutama di lingkungan masyarakat," kata Wabup Tarsono.

BACA JUGA:Cara Renovasi Rumah Dengan Budget 50 Jutaan

BACA JUGA:Bangun Rumah Budget 50 juta di Kampung, Emangnya Bisa?

Volume sampah di Kabupaten Majalengka terus meningkat. Setiap harinya sampah yang dihasilkan dari aktivitas masyarakat diperkirakan sudah melampaui angka 100 ton, dengan perhitungan per hari setiap orang membuang sampah 0,7 kg.

Hal itu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Majalengka cukup kewalahan. Apalagi saat ini Kabupaten Majalengka hanya memiliki satu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Heuleut, Kecamatan Kadipaten.

"Penambahan empat unit armada kebersihan ini lewat Anggaran Bantuan Khusus Keuangan Provinsi Jawa Barat tahun 2023 untuk meningkatkan pelayanan bidang kebersihan, jadi jumlah keseluruhan sekarang sebanyak 15 armada," kata Kepala DLH Kabupaten Majalengka Ir Hj Nadisha Hanna MM.

Lebih lanjut Nadisha mengatakan bahwa selama ini armada pengangkut sampah cuma ada 11 unit dengan kondisi mobil yang sangat memprihatinkan.

BACA JUGA:Model Rumah 2 Lantai Hanya 50 Juta

BACA JUGA:Dengan Rp 50 juta Bisa Bangun Rumah Minimalis

"Armada sampah ini melayani Kota Majalengka dan 26 kecamatan, ditunjang petugas sampah sebanyak 177 tenaga, termasuk penyapu jalan dan petugas taman, dengan target Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) kebersihan sebesar Rp 2 miliar dan sudah mencapai 60%," kata Hj Nadisha.

Dinas Lingkungan Hidup selama ini telah sering melakukan sosialiaasi terkait menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan melalui pasang spanduk diberbagai tempat, diharapkan masyarakat ada kesadaran untuk ikut membantu pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: