Penginapan Beringin Ditutup Sejak 1990 Dikenal Angker Kini Alami Kebakaran

Penginapan Beringin Ditutup Sejak 1990 Dikenal Angker Kini Alami Kebakaran

Hotel Beringin Kota Cirebon --

RADARMAJALENGKA.COM-Hotel Beringin Cirebon telah ditutup sejak 1990.

Ia merupakan bangunan bekas hotel yang berada di pusat Kota Citebon.

Hotel Beringin berada di Jalan Tuparev menuju Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo atau perempatan Gunungsari. 

Siapa pemilik Hotel Beringin, maupun mengapa hotel tersebut tak lagi beroperasi itu hingga kini tak diketahui.

Senin pagi, 25, September 2023. Hotel Beringin mengalami kebakaran dan informasi yang dihimpun, percikan api muncul dari jaringan listrik yang masih terhubung ke bangunan hotel yang sudah lama kosong tersebut.

Kepala Polsek Utara Barat, AKP Iwan Gunawan menjelaskan, dari keterangan saksi mata yakni Yana (53), api mulai terlihat di dalam bangunan sekitar pukul 05.15 WIB. 

Ketika itu, tukang tambal ban yang memiliki usaha tepat di depan bangunan hotel melihat adanya api yang mulai membesar.

Bagi warga Cirebon keberadaan penginapan beringin yang terletak di perempatan Gunung Sari Kota Cirebon menyimpan banyak misteri. Bangunan berarsitek kuno tersebut kini dibiarkan terbengkalaia begitu saja. 

Menurut dia, upaya pemadaman dilakukan sembari menghubungi pemadam kebakaran Kota Cirebon dan pada pukul 05.20 WIB mulai dilakukan pemadaman titik api dan sudah langsung dapat dipadamkan.

"Damkar Kota Cirebon mengerahkan 3 Unit Mobil Damkar Kota Cirebon dan dilakukan pengecekan serta pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran," katanya.

Diduga kebakaran bekas Hotel Beringin diakibat korsleting listrik karena masih ada aliran listrik di bangunan tersebut.

Jika kita melintas di Jalan Tuvarep menuju Kota Cirebon, hotel ini terletak di sisi kiri jalan dahulu tampak bangunan kuno yang bertulisan penginapan beringin berbahan besi, yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya, sehingga terkesan kumuh dan angker.

Siapa sangka, penginapan beringin yang lokasinya sangat strategis, berada di pusat perkotaan, dahulunya menjadi tempat favorit menginap bagi pelancong yang datang ke Cirebon, sebelum banyak berdirinya hotel berbintang seperti saat ini.

Bangunannya yang artistik kuno menambah kesan mistik dan angker menjadi bahan perbincangan banyak warga. Hingga saat ini, tidak ketahui pemilik bangunan tersebut dan kenapa ditinggalkan begitu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: