Bersejarah, Jemaah Haji Majalengka Bakal Jadi yang Pertama Terbang dari Bandara Kertajati

Bersejarah, Jemaah Haji Majalengka Bakal Jadi yang Pertama Terbang dari Bandara Kertajati

Jadwal jemaah haji dari Kabupaten Majalengka terbang dari Bandara Kertajati yakni mulai 27 Mei.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Jemaah haji dari Kabupaten MAJALENGKA bakal menjadi saksi sejarah penerbangan ke tanah suci dari Bandara Kertajati.

Rencananya, penerbangan perdana jemaah haji Majalengka tersebut, akan dimulai pada 27 Mei dengan masuk ke Asrama Haji Jawa Barat.

Selanjutnya pada 28 Mei pukul 21.05 WIB, akan menjalani penerbangan ke tanah suci menggunakan Maskapai Saudia Airlines dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Total terdapat 1.173 jemaah haji dari Majalengka yang akan diberangkatkan pada tahun ini.

BACA JUGA:Calhaj Asal Majalengka Tertua 95 Tahun dari 70 Orang Lansia Siap Ikuti Manasik Haji

Selain jemaah dari Kabupaten Majalengka, juga akan dilakukan  penerbangan dari daerah lain yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Sumedang dan Subang (Ciayumajakuningsusu).

Tahun ini, akan menjadi yang pertama bagi Bandara Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji bersama dengan Asrama Haji Indramayu.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka, Dr H Agus Sutisna MPd menyebutkan, sebanyak 1.173 calon jamaah siap untuk berangkat menunaikan rukun Islam kelima.

“Untuk pertama kalinya calon jamaah haji asal Kabupaten Majalengka tahun 2023 akan terbang dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati,” kata Agus diiyakan diiyakan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) pada Kemenag Kabupaten Majalengka, Dr Hj Euis Damayanti MP Kim.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Sangat Tergantung Tol Cisumdawu, Maskapai Pun Nunggu Waktu Pindahan

Dibeberkan Hj Euis jumlah total calon jamaah haji asal Kabupaten Majalengka tahun ini mencapai 1.173 orang.

Rencananya, pada Jumat, 19, Mei 2023 merupakan batas akhir perpanjangan masa pelunasan  biaya haji sebesar Rp52 juta.

Dijelaskan, calon jamaah haji Majalengka kloter 1 akan bertolak dari Pendopo Bupati menuju Asrama Haji Kabupaten Indramayu pada Sabtu, 27 Mei 2023 berjumlah 374 orang.

“Insya Allah kloter 1 akan take off dari BIJB pada Minggu 28 Mei 2023 sekitar pukul 21.05. Kloter 1 ini  menjadi sejarah karena kloter pertama yang terbang dari BIJB,” ujar Euis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: