INILAH 5 Tempat Bersejarah di Majalengka, Ada Gua Jepang hingga Pengeboran Minyak Pertama

INILAH 5 Tempat Bersejarah di Majalengka, Ada Gua Jepang hingga Pengeboran Minyak Pertama

Rumah Adat Panjalin, salah satu tempat bersejarah di Kabupaten Majalengka.-Dokumen-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM – Kabupaten MAJALENGKA sudah ada sejak zaman Kerajaan Galuh hingga Kerajaan Sunda. Bahkan, masuk dalam riwayat kepemimpinan dari Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi.

Meski ketika itu, belum bernama Majalengka. Tetapi ada beberapa daerah yang identik dengan beberapa kerajaan.

Tidak hanya itu, cukup banyak jejak sejarah Majalengka di zaman kolonial baik Belanda maupun Jepang. Karenanya, tidak heran kalau masih terdapat peninggalan yang sangat bersejarah.

Bahkan di Pendopo Bupati Majalengka, sampai dengan saat ini masih terdapat sebuah kamar yang dikhususkan untuk Nyi Ambet Kasih.

BACA JUGA:GREEN CANYON MAJALENGKA, Lihat Eksotisnya Curug Ibun Pelangi di Argapura

Sosok ratu dari Kerajaan Sindangkasih yang juga istri pertama dari Prabu Jayadewata atau Prabu Siliwangi, sosok raja Kerajaan Pajajaran.

Sejarah kota ini bermula dari zaman Kerajaan Galuh pada abad ke-10 hingga abad ke-16. Pada masa itu, Majalengka merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Galuh yang berpusat di Ciamis.

Pada abad ke-17, Majalengka memasuki masa penjajahan Belanda. Pada masa itu, Belanda membuka pertanian tebu dan karet di wilayah ini, dan membangun jalur kereta api untuk mempermudah transportasi produk tersebut.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Majalengka memasuki masa transisi menuju kemerdekaan. Pada masa ini, wilayah ini menjadi saksi banyak peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

BACA JUGA:MAJELENGKA Siap-siap Diserbu Turis Malaysia, Langsung Terbang dari Kuala Lumpur

Seiring dengan perkembangan zaman, Majalengka terus berkembang menjadi sebuah kota modern yang berfokus pada sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata

 Saat ini, kota ini dikenal sebagai salah satu produsen gula tebu terbesar di Indonesia dan memiliki berbagai tempat wisata yang menarik, seperti air terjun Curug Cilember, Candi Cangkuang, dan Candi Ciampea.

Tidak hanya tempat wisata Majalengka juga jadi sebuah kota yang memiliki banyak tempat peninggalan sejarah yang penting. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gua Jepang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: