INGAT! Jangan Abaikan Kolesterol Segera Atasi Sebelum Menjadi Penyakit Kronis!

INGAT! Jangan Abaikan Kolesterol Segera Atasi Sebelum Menjadi Penyakit Kronis!

ilustrasi --

- Diabetes.

- Gangguan liver dan masalah ginjal.

- Tekanan darah tinggi (hipertensi).

- Gangguan kelenjar tiroid.

Gejala Kolesterol

Pada banyak kasus, kolesterol tinggi sering tidak menunjukkan gejala khusus sampai timbul komplikasi, seperti penyakit jantung atau stroke.

Meski tak memiliki gejala khas, tapi beberapa kondisi ini patut diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi:

Mudah lelah, suka ngantuk, nyeri kaki, tengkuk terasa pegal-pegal, nyeri dada, terjadi xanthomata, terjadi xanthelasma, muncul gumpalan di urat

BACA JUGA:WOW! Kades Sultan Majalengka Bagi-bagi THR untuk Warga, Kasi Baju Sampai Sembako

Cara Menurunkan Kolesterol 

Berikut ini radarmajalengka.com menjadikan cara menurunkan kolesterol yang dilansir dari berbagai sumber, Selain mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter, ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: