SIMAK! Ada 12 Moda Transportasi untuk Menuju ke Bandara Kertajati Majalengka, Bisa dari Bandung

SIMAK! Ada 12 Moda Transportasi untuk Menuju ke Bandara Kertajati Majalengka, Bisa dari Bandung

Terdapat 12 moda transportasi umum yang bisa digunakan menuju Bandara Kertajati Majalengka.-BKIP Kemenhub-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten MAJALENGKA, disiapkan jadi hub penerbangan baru.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, nantinya bandar udara ini akan ditunjang dengan fasilitas angkutan yang memadai.

Tentunya setelah Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumadwu beroperasi penuh dan menghubungkan Bandung Raya dengan Cirebon Raya.

"Ada sekitar 12 operator transportasi yang akan beroperasi di Bandara Kertajati," kata Menhub, saat meninjau pemberangkatan umrah dari Maskapai Lion Air, Sabtu, 15, April 2023.

BACA JUGA:Menhub Minta Travel Umrah Terbang dari Bandara Kertajati Majalengka, Begini Katanya

Operator transportasi itu diantaranya adalah Damri, Blue Bird, City Trans Utama, Paytrans dan lainnya. Ada sejumlah rute yang akan dilayani.

Baik dari Bandung maupun Cirebon untuk ke Bandara Kertajati, mengingat nantinya sejumlah penerbangan domestik juga akan dioperasikan.

Bahkan, Menhub mengungkapkan, dari pembicaraan dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil, diusulkan mengenai pemindahan sebagian penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati.

"Pak Gubernur selaku pemilik dari bandara ini, dalam beberapa kali perbincangan sudah menyampaikan pembagian penerbangan  dengan Bandara Husein," kata Menhub.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Belum Dibuka, Menteri PUPR Bilang Begini, Simak Kata-katanya

Pembagian penerbangan dimaksud adalah dipindahkannya pesawat bermesin jet ke Bandara Kertajati Majalengka. Sementara pesawat dengan mesin baling-baling sementara beroperasi di Bandara Husein Sastranegara.

"Tapi nantinya semua akan pindah ke Bandara Kertajati, dimulai dari pesawat jet," kata Menhub, didampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Ditambahkan Menhub, dengan adanya Tol Cisumdawu akan semakin menegaskan peran Bandara Kertajati sebagai hub dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Bandara ini memiliki catchment area wilayah Bandung Raya, Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat seperti Tegal, Brebes dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: