KABAR GEMBIRA: Bandara Kertajati akan Segera Beroperasi Lagi untuk Penerbangan Reguler

KABAR GEMBIRA: Bandara Kertajati akan Segera Beroperasi Lagi untuk Penerbangan Reguler

Bandara Kertajati Majalengka akan beroperasi lagi untuk penerbangan reguler.-BKIP Kemenhub-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Internasional Kertajati akan kembali melayani penerbangan reguler pasca Tol Cisumdawu beroperasi penuh.

Bahkan terdapat sejumlah penerbangan yang akan dibuka dalam waktu dekat, sebelum nantinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati benar-benar beroperasi penuh.

Diantaranya penerbangan carter untuk umrah menggunakan Maskapai Lion Air pada 15 April nanti. Di susul dengan Maskapai AirAsia yang membuka rute Kertajati - Kuala Lumpur mulai 17 Mei.

Setelah itu, pada periode Juni - Agustus 2023, Bandara Kertajati Majalengka akan melayani penerbangan untuk embarkasi dan debarkasi haji.

BACA JUGA:PERHATIAN! Saat Mudik TOL CISUMDAWU Hanya Beroperasi Sampai Jam 3 Sore

Sedikitnya 7-8 ribu jemaah haji dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang dan Sumedang, akan berangkat haji dari BIJB Kertajati.

Setelahnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan penataan rute untuk mengalihkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pada tahap awal seluruh penerbangan pesawat bermesin jet akan dialihkan darai Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati.

Namun, selama satu tahun ke depan, Bandara Husein tetap diperbolehkan untuk melayani penerbangan pesawat propeler atau baling-baling.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Proyek Sangkuriang di TOL CISUMDAWU, 45 Hari Bangun Jembatan 200 Meter

Sebelum nantinya seluruh penerbangan dari bandara di Kota Bandung tersebut akan dialihkan ke Majalengka.

Saat berkunjung ke Bandara Kertajati, Menhub, Budi Karya Sumadi menjelaskan, telah menugaskan PT Angkasa Pura II untuk membantu memastikan kesiapan pelayanan Bandara Kertajati.

“AP II sudah punya pengalaman kerja sama dengan GMR India seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu. Bandara Kertajati akan menjadi bandara hub di Jawa Barat," kata Menhub.

Disampaikan oleh Budi Karya, lokasi dari Bandara Kertajati sangat stragis dan dekat dengan Pelabuhan Patimban yang nantinya akan sebesar Pelabuhan Tanjung Priok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: