WOW! Bandara Kertajati akan Terbangkan 20 Kloter Jemaah Haji, Umrah Unlimited saat Ramadhan

WOW! Bandara Kertajati akan Terbangkan 20 Kloter Jemaah Haji, Umrah Unlimited saat Ramadhan

Bandara Kertajati akan melayani setidaknya 20 kloter penerbangan jemaah haji, hal tersebut diungkapkan saat kunjungan Menhub, Budi Karya Sumadi.-BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Kedatangan Menhub Budi ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tidak lepas dari rencana penerbangan jemaah haji pada Juni 2023 nanti.

Menhub mengaku, kedatangannya untuk memastikan kesiapan penerbangan jemaah haji Cirebon Raya ditambah Sumedang dan Subang, dapat berjalan dengan baik.

Apalagi, pada pelayanan perdananya, BIJB Kertajati Majalengka langsung melayani 20 kelompok terbang dengan jumlah jamaah mencapai 7 ribuan.

BACA JUGA:PENGUMUMAN! Seksi 4 - 6 Tol Cisumdawu Tidak Beroperasi Fungsional untuk Mudik, Ini Penyebabnya

“Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7 ribu sampai dengan 8 ribu jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati,” ujar Menhub, dalam siaran pers yang diterima radarmajalengka.com, Senin, 20, Maret 2023.

Terkait dengan aksesibilitas, Menhub juga menambahkan bahwa Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kemen-PUPR menyatakan  Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) akan mulai beroperasi penuh pada pertengahan April mendatang.

Tentunya akan semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat dari dan ke Bandara Kertajati.  

“Dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, waktu tempuh Bandung ke Kertajati maupun sebaliknya bisa ditempuh kurang lebih satu jam."

BACA JUGA:TOK! Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 Tak Bisa Dipakai Mudik

"Kita harapkan Bandara Kertajati akan semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai, dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman karena aksebilitasnya semakin mudah,” ujar Menhub.

Ketersedian slot penerbangan di Bandara Kertajati sangat banyak, dan harus bisa dimanfaatkan untuk melayani penerbangan umrah pada masa lebaran tahun 2023.

“Sepuluh hari menjelang Lebaran biasanya banyak Jamaah yang ingin berangkat umroh. Di Bandara Kertajati ini slotnya unlimited, jadi bisa kita terima berapapun,” tutur Menhub.

Sebanyak 20 kloter atau sekitar 7.000-8.000 jemaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati berasal berasal dari 7 Kabupaten/Kota yaitu; Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: