LEBIH DEKAT Dengan Gunung Tampomas yang Terlihat dari Tol Cisumdawu, Ini Keistimewaannya

LEBIH DEKAT Dengan Gunung Tampomas yang Terlihat dari Tol Cisumdawu, Ini Keistimewaannya

Gunung Tampomas di Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.-Deden Heaj/Ist-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COMGunung Tampomas menjadi salah satu pemandangan yang indah dari Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Jalan Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang.

Tepatnya di daerah Cimalaka, saat pengendara melintasi Seksi 3 Tol Cisumdawu, pemandangan Gunung Tampomas seolah menyambut siapapun yang melintasi akses jalan bebas hambatan itu.

Seperti apa sesungguhnya Gunung Tampomas yang merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang masih aktif?

Gunung Tampomas berlokasi di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Buah Dua, Conggeang, Sindangkerta, dan Cibeureum, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:WAH, Gara-gara Tol Cisundawu, Cimalaka Mendadak Terkenal

Meski terkenal di kalangan para pendaki, gunung tersebut memiliki ketinggian 1.684 mdpl atau hampir setengah dari Gunung Ciremai.

Selain menjadi gunung tertingggi di daerah Sumedang, gunung ini juga memiliki luas sekitar 1.074 hektare.

Ada dua jalur pendakian yang sering dilewati oleh para pendaki untuk mencapai puncak, yaitu Jalur Cibeureum Kulon di Kecamatan Cimalaka dan Jalur Narimbang di Kecamatan Conggeang.

Jalur pendakian yang dimiliki terbilang mudah untuk dilewati, dan cocok digunakan oleh para wisatawan yang pertama kali mendaki gunung.

BACA JUGA:KANGEN JOGJA, Nih Ada Wisata Majalengka Rasa Malioboro, Dekat Loh Ada di Kadipaten Bisa Lewat Tol Cisumdawu

Karena banyak pendaki yang datang, sehingga memiliki jalan setapak yang bisa digunakan para pengunjung.

Seperti gunung pada umumnya, selama di dalam perjalanan menuju puncak, para wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan hutan yang lebat.

Tak hanya itu, di tengah perjalanan para wisatawan akan mendapati kawah yang tertutupi oleh semak belukar yang membuat wisatawan akan mencium bau belerang yang cukup menyengat.

Sesudahnya sampai di puncak atau dikenal dengan sebutan Sanghiyang Taraje, semua rasa lelah akan terbayarkan oleh pemandangan yang berada di puncak gunung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: