PENGUMUMAN! Tol Cisumdawu Bulan Depan Jadi dan Beroperasi Penuh, Bisa Main dari Majalengka ke Bandung

PENGUMUMAN! Tol Cisumdawu Bulan Depan Jadi dan Beroperasi Penuh, Bisa Main dari Majalengka ke Bandung

Perjalanan Bandung ke Majalengka menjadi lebih cepat via Tol Cisumdawu.-rochamedia-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pengumuman penting disampaikan terkait dengan progres Tol Cisumdawu yang dikabarkan bulan depan sudah siap beroperasi secara penuh.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono terkait progres terbaru Tol Cisumdawu.

Dikatakan Menteri Basuki, pihaknya mengupayakan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara keseluruhan pada akhir Februari tahun ini.

"Mudah-mudahan Cisumdawu ini secara total bisa kita operasikan pada akhir Februari tahun ini," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa, 17, Januari 2023.

BACA JUGA:Anda Pelupa? Obatnya Gampang, Cukup Bernyanyi

Menurut Basuki akan mengupayakan pada akhir Februari Jalan Tol Cisumdawu bisa dioperasikan secara tuntas, sehingga masyarakat tidak perlu lagi keluar di Seksi III Cimalaka.

Dengan akses yang tembus langsung ke Majalengka tau Tol Cipali Km 152, masyarakat akan semakin dimudahkan terutama perjalanan dari Bandara Kertajati ke Bandung dan sebaliknya.

Masyarakat yang beberapa bulan ini mengeluhkan terjebak kemacetan dan kepadatan lalu lintas di Cimalaka, nantinya tidak akan menemui lagi hal demikian seiring tol yang sudah tersambung seluruhnya.

Kementerian PUPR mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Indonesia Negara Paling Demokratis, Tetapi CACAT!

Penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022 dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km progres fisik sudah 94,7 persen tinggal menyelesaikan pekerjaan lereng dan lanskap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: