Anda Pelupa? Obatnya Gampang, Cukup Bernyanyi

Anda Pelupa? Obatnya Gampang, Cukup Bernyanyi

Bernyanyi bisa menjadi terapi untuk Anda yang pelupa.-Pixabay-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Anda pelupa? Jangan khawatir. Ternyata ada resep ampuh untuk mengobatinya. Caranya pun sangat mudah.

Rasanya semua orang bisa! Ya, cukup dengan bernyanyi bisa perlahan lahan mengobati orang pelupa atau demensia ringan.

Rekomendasi ilmiah tersebut datang dari University of Helsinki, Finlandia. Universitas tersebut telah melakukan riset terhadap 89 pasien dimensia ringan.

Hasilnya menunjukkan pasien-pasien yang diriset tetsebut antara lain kerap lupa meletakkan benda atau barang  hingga kesulitan mengekspresikan pikiran yang sederhana. Mereka didiagnosis sebagai pelupa atau menderita demensia ringan.

BACA JUGA:Indonesia Negara Paling Demokratis, Tetapi CACAT!

Seperti diketahui, demensia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari penderitanya.

Jenis demensia yang paling sering terjadi adalah penyakit Alzheimer dan demensia vaskular. Alzheimer adalah jenis demensia yang berhubungan dengan perubahan genetik dan perubahan protein di otak.

Sedangkan, demensia vaskular adalah jenis demensia akibat gangguan di pembuluh darah otak.

Bagi siapa saja yang sudah merasa pelupa, University of Helsinki itu menyarankan agar membiasakan bernyanyi. Ternyata kesukaan menyanyi dapat memperbaiki memori dengan baik.

BACA JUGA:Awali Tahun dengan Spirit Born to Be Free, Yamaha Luncurkan Empat Warna Baru XSR 155

Dengan bernyanyi, kemampuan berpikirnya pun cenderung meningkat. Perubahan ini berbeda secara signifikan dibandingkan pasien yang hanya suka mendengar musik. 

Melansir Thebalancecareers.com, penyanyi termasuk karier dengan memori yang baik. Selain karena alasan bakat.

Seorang penyanyi juga dituntut menghafal dialog, lirik, musik, hingga koreografi. Tanpa ingatan yang baik, tidak mungkin ia berhasil menyanyikan ratusan syair lagu dengan nada yang berbeda.

Jangan hanya mendengarkan musik. Mari bernyanyi. Ternyata dengan bernyanyi merupakan obat manjur penyakit demensia. Bahkan bisa memulihkan memori ingatan dengan baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: