Sosialisasi Literasi Digital, Budaya dan Etis Bermedia Digital "Desa Cikijing"

Sosialisasi Literasi Digital, Budaya dan Etis Bermedia Digital

Peserta kkn T Unma sedang sosialisasi literasi digital di desa/kec cikijing-Almuaras-Radarmajalengka.com

Radarmajalengka.id, CIKIJING - KKN-T Universitas Majalengka (UNMA)  telah menyelenggarakan Sosialisasi Literasi Digital bertempat  di Kantor Desa/ Kecamatan  Cikijing beberapa waktu lalu.

Seorang peserta KKN Encep menyebutkan kegiatan sosialisasi literasi digital diikuti  40 peserta dari masyarakat sekitar beserta perangkat Desa  Cikijing.

Pada kegiatan ini Dosen Fakultas Teknik yang menyampaikan materi Literasi Digital demi menyampaikan Informasi yang berguna bagi masyarakat sekitar maupun perangkat Desa yang ada di Desa Cikijing. Adapun materi yang disampaikan bertema “Budaya Bermedia Digital” yang disampaikan oleh Narasumber,  Tantri Wahyuni, S.T., M.T. dan “Etis Bermedia Digital” yang disampaikan oleh Narasumber  Eidelweis Dewi Jannati, S.Pd., M.Pd..

Pada pembahasan kali ini adalah memberikan pedoman dan batasan ilmu dasar dari adaptasi penggunaan media digital dan etika serta budaya yang seharusnya menjadi dasar ketika berinteraksi dan bermedia sosial di dunia Internet. Sebagai tambahan bahwa ketika sedang bermedia sosial dan melihat berita hoax agar mencari sumber lain, baca dengan saksama dan jangan mudah terpancing dengan berita negatif, jadilah orang yang bijak bermedia sosial.

BACA JUGA:Sensasi Berkendara Hyundai STARGAZER Lintasi Jawa Timur dan Jawa Tengah

Cara mengatasi berita hoax didunia maya dengan berhati – hati dengan judul provokatif, cermati alamat situs, periksa fakta, cek keaslian foto.  Dan dijelaskan juga bagaimana cara berinteraksi dan bertransaksi secara bijak. Salah satunya adalah dengan  memastikan perangkat digital yang digunakan untuk transaksi daring sudah aman.

Sebagai penutup Pemateri melaksanakan Postest Literasi Digital untuk mendukung pengetahuan warga Desa Cikijing tentang sejauh mana pemahaman warga tentang Literasi Digital.

BACA JUGA:Bumbung Kemanusiaan Kwarran Majalengka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: