Yamaha 2022-09

ITA Jamnas dan LT II Kwarran Majalengka

ITA Jamnas dan LT II Kwarran Majalengka

JAMBORE: Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Majalengka menyelenggarakan ITA Jamnas dan Lomba Tingkat II Kwaran Majalengka tahun 2022 di Bumi Perkemahan Lapang Bungur Kelurahan Bababakan Jawa Majalengka.--

Radarmajalengka.id, MAJALENGKA -  Sebagai rangkaian kegiatan Hari Pramuka ke-61, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Majalengka menyelenggarakan ITA Jamnas dan Lomba Tingkat II Kwaran Majalengka tahun 2022 yang dilaksanakan pada 12-14 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Lapang Bungur Kelurahan Bababakan Jawa Majalengka.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Majalengka, Doni  Fardiansyah SSTP yang juga Ketua Mabiran Majalengka. Kegiatan tersebut diikuti oleh Pramuka Penggalang dari Pangkalan SD, SMP dan MTs se-Kecamatan Majalengka.

Ketua Pelaksana ITA Jamnas dan LT II Kwarran Majalengka, Iyus Susnardi MPd mengatakan bahwa ITA Jamnas dan LT II Kwartir Ranting Kecamatan Majalengka Tahun 2022 diselenggarakan dalam bentuk perkemahan.

Disimulasikan sebagai desa teladan dengan penduduk beranekaragam suku, ras, agama dan budayanya namun mampu hidup rukun bersatu, aman, nyaman dan sejahtera. Serta menjunjung tinggi kode kehormatan pramuka sebagai landasan perilaku kehidupan sehari-harinya.

BACA JUGA:Kang Nana Dukung Turnamen Voli, Talaga Juara Pertama Open Turnament Bola Voli di Sarang Peuteuy

"Penduduknya terbagi menjadi tiga kelompok besar yaitu; aparat desa (panitia), warga dewasa (pembina pendamping), dan warga muda (pramuka penggalang berprestasi tinggi digugus depan masing-masing). Desa teladan adalah desa yang bersih, indah dan sehat mempunyai visi terbentuknya seluruh warga desa yang memiliki keteladanan," jelas Iyus diiyakan Ketua Kwarran Majalengka KarnITA SPd

Menurut Iyus, kegiatannya dibagi menjadi 2 yakni untuk Pramuka Penggalang SD dan Pramuka Penggalang SMP/MTs. Untuk Pramuka Penggalang SD kegiatannya berupa Forum Penggalang, Edukasi Penggalang, Camp Craft, Market Day, keagamaan, kebugaran, melukis pada tong sampah, cerdas cermat Pramuka, baca puisi, pentas seni, pengembaraan, festival layang-layang, dan karnaval.

Sedangkan untuk Pramuka Penggalang SMP/MTs berupa kegiatan Lomba Tingkat II yang dikemas dalam bentuk Forum Penggalang, Market Day, keagamaan, kebugaran, morse dan semaphore, variasi yelling group, pentas seni, pengembaraan, festival layang-layang, karnaval dan kebersihan lingkungan.

Selain itu juga peserta diberikan pengetahuan tentang penanganan kebencanaan yang disampaikan oleh BPBD Majalengka.

BACA JUGA:Surat Kuasa

"Kegiatan yang dilaksanakan dikemas dengan menarik, menantang serta mengandung unsur pendidikan sehingga para peserta bersemangat untuk mengikuti kegiatannya. Kegiatan ini juga diikuti oleh Pramuka berkebutuhan khusus yang ada di Pangkalan SLB di Kecamatan Majalengka. Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut serta mensukseskan kegiatannya," kata Iyus.
Saat kegiatan ITA Jamnas dan LT II Kwarran Majalengka tahun 2022 tersebut, dikunjugi oleh Ketua Kwarcab Majalengka,  Drs H Eman Suherman MM dan Kepala Dinas Pendidikan Majalengka, Dr Hj Lilis Yuliasih MPd  selaku unsur Mabicab dan unsur Mabiran. Kegiatan berjalan lancar, sukses dan meriah.

BACA JUGA:Tembak Menembak

Sumber: