Wabup Apresiasi Upacara Tradisi Ngalaksa

Wabup Apresiasi Upacara Tradisi Ngalaksa

MAJALENGKA - Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Pencipta serta penghormatan terhadap para leluhur, masyarakat di Desa Borogojol Kecamatan Lemahsugih, melaksanakan prosesi upacara tadisi Ngalaksa, Kamis (2/9).

Wakil Bupati Tersono D Mardiana didampingi Camat Lemahsugih Mumuh Muhidin berserta muspika hadir dalam prosesi yang dilaksanakan di TPU Desa Borogojol.

Wakil Bupati sangat mengapresiasi prosesi kegiatan tersebut, karena Ngalaksa ini dianggap sebagai kegiatan tradisi yang bersifat sosioreligius, sesuai dengan konsep tujuannya yaitu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang  Maha Kuasa atas hasil panen padi, dan juga bertujuan sebagai bentuk penghormatan  kepada para leluhur.

\"Apalagi dalam kegiatan Ngalaksa terdapat makanan baliung yang merupakan makanan khas yang dibuat ketika upacara Ngalaksa saja dan hanya ada setahun sekali.  Untuk itu prosesi Ngalaksa di Desa Borogojol perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah. Tradisi atau adat budaya ini sangat unik dan tentunya tidak bertentangan dengan akidah karena di sini tadi prosesnya ada tahlilan dulu mendoakan sesepuh dan orang tua,” jelasnya.

Selain itu menurut wakil bupati, di Majalengka hanya ada 3 desa yang setiap tahunnya melaksanakan prosesi Ngalaksa. Dua desa di Kecamatan Lemahsugih yakni Desa Cipasung, Desa Borogojol, dan Desa Sunia di Kecamatan Argapura.

\"Saya berharap Ngalaksa ini terus bisa kita laksanakan. Karena dengan budaya kita buka pintu gerbang agar wisatawan bisa masuk ke daerah, dan akhirnya dengan tradisi budaya bisa meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat,” katanya. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: