Tol Cisumdawu Februari Jadi, Majalengka ke Bandung Cuma 1 Jam Saja

Tol Cisumdawu Februari Jadi, Majalengka ke Bandung Cuma 1 Jam Saja

Tol Cisumdawu pada akhir Februari 2023 selesai dan menghubungkan Majalengka dengan Bandung.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Tol Cisumdawu atau Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akhir Februari 2023 selesai seluruhnya dan terhubung antara MAJALENGKA dengan Bandung.

Dengan terhubungnya Tol Cisumdawu, perjalanan dari Kabupaten Majalengka ke Bandung hanya butuh waktu 1 jam saja.

Tidak sekadar terhubung, Tol Cisumdawu juga akan membuat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, kembali bergairah dengan adanya pasar penerbangan dari Bandung.

Target Tol Cisumdawu dituntaskan pada akhir Februari 2023, disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA:KECEWA! Skor Manchester United vs Crystal Palace 1-1, MU Buang Kesempatan

BACA JUGA:KECEWA! Skor Manchester United vs Crystal Palace 1-1, MU Buang Kesempatan

Menurut Basuki, meski pengelola meminta tol dioperasikan pada Maret nanti, namun pihaknya meminta agar dipercepat menjadi Februari 2023.

Pasalnya, pembangunan hanya menyisakan di Seksi 4, Seksi 5 dan Seksi 6. Bahkan di Seksi 6A dan Seksi 6B progresnya sudah 100 persen.

Basuki menambahkan, Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban. 

Juga untuk pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

BACA JUGA:Menghabiskan Rp 5,5 Triliun, Tol Cisumdawu Sebentar Lagi Tersambung Majalengka ke Bandung

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Februari, Bisa Dipakai Mudik

Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022 dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km progres fisik sudah 94,7 persen tinggal menyelesaikan pekerjaan lereng dan lanskap.

Secara keseluruhan Seksi 3-6 yang dikerjakan oleh BUJT sepanjang 33,21 km. Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: