PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Februari, Bisa Dipakai Mudik

PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Februari, Bisa Dipakai Mudik

Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi Februari 2023, bahkan Seksi 6 sudah 100 persen.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi penuh pada akhir Februari 2023, atau lebih cepat dari target yang disampaikan pengelola yakni di Bulan Maret. 

Percepatan target Tol Cisumdawu beroperasi, disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI.

Menteri Basuki mengakui, pengelola memang meminta agar Tol Cisumdawu beroperasi penuh pada Maret 2023. Tetapi, pihaknya yang meminta agar dituntaskan pada Februari.

"Mereka mintanya Maret, tapi saya akan upayakan akhir Februari bisa dioperasikan secara tuntas," kata Basuki di agenda rapat kerja tersebut.

BACA JUGA:Tol Terpanjang di Indonesia, Menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah

Dalam paparannya, disebutkan, tol sepanjang 183 km telah rampung konstruksinya di tahun 2022. Tol sepanjang 183 km ini tersebar di 17 ruas.

"Mudah-mudahan Cisumdawu ini secara total bisa kita operasikan pada akhir Februari tahun ini," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa.

Basuki akan mengupayakan pada akhir Februari Jalan Tol Cisumdawu bisa dioperasikan secara tuntas.

Kementerian PUPR mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Klarifikasi Ibu Norma Risma, Saat Digerebek Sedang Salat Tanpa Busana

Penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban.

Serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Tentunya, bila Tol Cisumdawu beroperasi Februari atau Maret nanti, tentu saja sudah bisa dipakai melayani arus mudik dan balik lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: